- Advertisement -

Dukung Kejuaraan Catur Asia 2023, PB Percasi Apresiasi Pertamina

Dukung Kejuaraan Catur Asia 2023, PB Percasi Apresiasi Pertamina
- Advertisement -

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mengapresiasi dukungan
PT Pertamina (Persero) yang berkontribusi besar terhadap olah raga catur di Tanah Air. Antara lain, melalui dukungan terhadap Kejuaraan Catur Asia 2023 atau Kejuaraan Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 (AZCC) di Jakarta.

“Luar biasa sekali dukungan Pertamina untuk olah raga catur di Tanah Air. Termasuk dukungan untuk kesuksesan kejuaraan Asian Zona 3.3. Dukungan Pertamina tersebut, selain menjadi motivasi bagi para atlet, sekaligus bisa menjadi _benchmark_ bagi BUMN dan perusahaan lain dalam pengembangan olah raga catur di Indonesia. Ini yang harus diapresiasi,” kata Ketua Umum PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) GM Utut Adianto di Jakarta hari ini.

Menurut Utut, dukungan Pertamina memang sangat penting. Selain tercatat dalam kalender resmi Federasi Catur Internasional (FIDE), kejuaraan ini juga menjadi salah satu ajang seleksi menuju FIDE World Cup 2023 dan FIDE Women’s World Cup 2023 yang akan digelar di Baku, Azerbaijan, pada 29 Juli–26 Agustus 2023 mendatang. Melalui ajang ini, diharapkan Indonesia tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, namun sekaligus bisa meraih hasil maksimal sehingga bisa mengantongi tiket menuju Piala Dunia Catur 2023.

- Advertisement -

“Kita harapkan para wakil Indonesia, entah Irene Kharisma Sukandar, Medina Warda Aulia, Susanto Megaranto atau yang lain dapat meraih hasil maksimal dan merebut tiket ke kejuaraan dunia,” lanjut Utut.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan 20 pecatur terbaik, terdiri atas 12 pecatur putra dan 8 pecatur putri. Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 sendiri diikuti para pecatur dari negara-negara di Asia. Selain Indonesia, antara lain juga tercatat Malaysia, Filipina, Thailand, Mongolia, Taipei, Vietnam, dan Hongkong .

Menurut Utut, PB Percasi memang telah mempersiapkan atlet terbaiknya tampil di ajang Asian Zona 3.3. Selain itu, Utut juga bangga Indonesia dapat kembali menyelenggarakan turnamen catur bergengsi.

- Advertisement -
Exit mobile version