JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) siap menggelar pertandingan eksebisi cabang olahraga sambo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 di Auditorium Balai Kesehatan (Balkes) Padang Bulan Kota Jayapura, Papua, 9-10 Oktober 2021.

Eksebisi ini diikuti 80 atlet sambo putra dan putri dari 22 Provinsi. Mereka akan turun  di 11 kelas yang dipertandingkan.

“Persiapan sudah rampung 100 persen. Eksebisi Sambo PON XX Papua siap digelar dan kita berharap bisa sukses,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi), Kresna Bayu yang ditemui di Jakarta, Selasa (28/9).

Pertandingan eskebisi Sambo PON XX Papua ini, kata Kresna Bayu, punya nilai penting bagi atlet. Bukan hanya sebagai persyaratan untuk memastikan cabang olahraga Sambo dipertandingkan secara resmi pada PON XXI Sumatera Utara (Sumut)- Aceh 2024 tetapi juga dijadikan ajang seleksi atlet berkualitas untuk diterjunkan pada Kejuaraan Sambo Asia di Bali yang rencananya digelar Desember mendatang.

Baca juga :  Kemenpora Gandeng Kadin Kembangkan Industri Olahraga

“Kesuksesan pertandingan esekbisi ini sangat penting. Makanya, kita berharap semua pihak memberikan dukungan sehingga cabor Sambo bisa resmi dipertandingkan pada PON XXI Sumut-Aceh 2024. Dan, kita juga meminta seluruh atlet tampil maksimal untuk mendapatkan tiket ke kejuaran Asia di Bali nanti,” kata Kresna Bayu yang baru pulang menghadiri acara pelantikan Pengkot KBI Pekanbaru.

Meski PP Persambi baru berdiri, prestasi olahraga sambo Indonesia cukuo menjanjikan. Pada Kejuaraan Dunia Sambo di Serbia 2020, Desiana Syafitri sukses meraih perak.

Sebelumnya, Tim Sambo Indonesia mampu menyumbangkan empat medali emas bagi Kontingen Indonesia pada penampilan perdana di SEA Games Filipina 2019.

Prestasi yang membanggakan itu membuat PP Persambi semakin yakin bahwa olahraga yang ditekuni atlet MMA Khabib Normagomedov bisa berkembang dengan baik dan bisa menjadi andalan Indonesia pada ajang evet internasional.

Baca juga :  Priska Raih Gelar Profesional Pertama