Fokus Menangkan Final Leg Kedua: Persib Tak Beri Kesempatan Madura United Kembangkan Permainan
Foto : ligaindonesiabaru.com

BANGKALAN, Indotimes.co.id – Persib Bandung tinggal selangkah lagi meraih gelar juara kompetisi BRI Liga 1 2023/24. Menghadapi Madura United FC di final leg kedua Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan Madura, Jumat (31/5) malam, tim berjuluk ‘Maung Bandung, yang unggul agreegat 3-0 berjanji tak akan memberi kesempatan Madura United kembangkan permainan pada laga ini.

Persib yang berada diatas angin, setelah unggul telak 3-0 saat menjamu Madura United pada final leg pertama Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5) lalu, tak mau mensia-siakan kesempatan merengkuh gelar paling bergengsi di kompetisi sepakbola di tanah air ini.

Karenanya pelatih Persib, Bojan Hodak dan anak-anak asuhnya hanya perlu fokus selama jalannya pertandingan. Pelatih asal Kroasia itu hanya berpesan agar pemain bisa berpikir kedudukan masih seperti 0-0 di awal kick off nanti. Hodak tak mau memberi peluang Madura United untuk bangkit atau pengembangakn permainan mereka.

“Pertandingan penting, kami perlu fokus memulai pertandingan seperti masih 0-0 agar tidak memberi peluang bagi Madura United untuk membalikkan keadaan jadi kami harus fokus sejak menit pertama. Ini belum selesai, masih ada 90 menit dan itu waktu yang lama,” ujar Bojan Hodak.

Kemenangan 3-0 di leg pertama lewat gol Ciro Alves dan dua gol dari top skor David da Silva cukup memberikan keuntungan untuk Maung Bandung menghadapi Madura United yang kali ini tampil di hadapan pendukungnya sendiri. “Kami sudah memiliki keuntungan, itu bagus, kami harus bisa melakukannya hingga akhir dan mendapatkan hasil yang positif,” tutur Hodak.

Sementara itu Nick Kuipers memandang ini laga yang penting untuk Persib tetap fokus 100 persen. Bek asal Belanda ini harus memastikan Persib tetap unggul hingga peluit akhir dibunyikan dan memastikan gelar juara musim ini.

“Sekarang kami bermain tandang jadi ini akan sulit, kami harus menghadapi pertandingan seperti biasanya dan menunjukkan 100 persen untuk memastikan kami bisa memenangkan pertandingan. Tim dalam kondisi bagus, tim sudah siap dan kami melihat ke depan untuk laga nanti,” ungkap Kuipers.

Madura United Yakin Bisa Balikan Keadaan

Sementara itu kubu tuan rumah Madura United FC tetap optimis mampu membalikan keadaan untuk dapat meraih gelar juara BRI Liga 1 tahun ini, meski tertinggal agreegat 0-3 dari Persib Bandung pada laga final leg kedua di kandang mereka di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Madura, Jumat malam (31/5).

Kendati harus melalui laga berat, caretaker Pelatih Madura United Rakhmat Basuki masih tetap yakin anak asuhnya akan mengejar ketertinggalan itu, bahka bisa membalikan keadaan di final leg kedua nanti.

Rakhmat Basuki menjelaskan, persiapan menuju laga puncak ini berjalan sesuai dengan harapan. Selain itu motivasi para pemain tetap terjaga dengan baik, meski mereka kalah di leg pertama di Bandung, beberapa hari lalu.

“Yang jelas mengejar margin tiga gol. Itu target saya. Minimal, kami bisa mengejar tiga gol, baru mencari cara meningkatkan intensitas lagi untuk mendapatkan gol kemenangan,” tegasnya.

Namun, pelatih, yang familiar dengan sapaan RB ini mengakui, tekadnya, yang tidak akan berjalan dengan mudah. “Yang jelas, itu bukan pekerjaan mudah, tapi tidak ada yang mustahil. Mudah-mudahan, apa yang kami persiapkan, game plan yang kami siapkan, bisa berjalan dengan baik,” tambah RB penuh yakin.

Senada dengan RB, gelandang asing Madura United Jacob Mahler berambisi membalikkan kedudukan. Karena, dia yakin dalam sepak bola, semua kemungkinan bisa terjadi. Bahkan, pemain asal Singapura ini menggaransi, skuat Laskar Sape Kerrab tersebut akan tampil mati-matian untuk memenuhi target.

“Ini laga penting. Kami tahu (pada leg pertama) kalah 3-0, tapi dalam sepak bola semuanya bisa terjadi. Jadi, kami fokus untuk laga besok dan kami akan kerja keras,” tandasnya.

Pada final leg pertama Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5) lalu, Persib menang telak 3-0, lewat dua gol David da Silva dan gol Ciro Alves.