JAKARTA, Indotimes.co.id – Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) Kemenpora Tahun 2023 resmi diluncurkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (9/8) malam.

Kejuaraan ini merupakan program unggulan dan prioritas Kemenpora dalam rangka membudayakan olahraga di masyarakat, sebagaimana diatur dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Pada Kejuaraan Tarkam tahun 2023 yang bergulir di 32 Kabupaten ini, Kemenpora resmi berpartner dengan Garuda Nusantara dalam urusan penyelenggaraan, opening, closing dan branding serta pengurusan sponsorship.

Ketua Garuda Nusantara, Aji Jaya Bintara mengatakan, sebagai partner resmi di Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2023, pihaknya siap mensukseskan mulai dari database atlet, opening, closing hingga menghadirkan beberapa sponsor.

“Sebagai mitra Kemenpora untuk menyelenggarakan liga tarkam kita bantu beberapa sponsor, opening, closing dan bantu database seperti aplikasi yang di launching tadi. Jadi kita lebih fokus ke pengembangan database atlet mulai dari statistik hingga prestasinya. Ini merupakan hal pertama kali yang dilakukan Kemenpora bekerja sama dengan kita untuk mengembangkan big data atlet dari usia dini dari cabang olahraga yang dipertandingkan,” kata Aji.

Pada Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2023 ini, ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni basket, bulutangkis, atletik, tenis meja, dan voli. Meski begitu Aji mengatakan, tak menutup kemungkinan sepak bola juga akan digelar.

“Soal sepak bola tidak ada, tapi intinya bisa digelar tetapi terpisah. Maksudnya terpisah tidak di dalam APBN. Ada beberapa daerah yang kita kasih paparan mereka mau gelar sepak bola seperti Cirebon mau gelar sepak bola berbarengan dengan event itu. Jadi sepak bola itu tergantung dari setiap daerah yang ingin menyelenggarakannya namun untuk data tetap kita support,” jelas Aji.

Yang pasti, lanjut Aji, Garuda Nusantara akan membantu Kemenpora agar Kejuaraan Tarkam ini dapat dikenal secara luas. Selain itu, yang terpenting adalah para atlet yang berpotensi dan berprestasi dari berbagai pelosok daerah bisa terdata.

“Jadi dari kita itu gimana tarkam ini bisa merakyat dan olahraga-olahraga yang dipertandingkan itu bisa lebih dikenal dan data-data atlet bisa lebih jelas menjadi satu bagian yang tidak terpisah dan nantinya akan melibatkan kecamatan-kecamatan desa-desa dan itu nanti mereka bisa info aktif menyuarakan olahraga rakyat konsepnya di setiap daerah dari kita bekerja sama dengan Kemenpora hingga pemerintah daerah itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa ajang ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dimana olahraga harus bisa menyentuh lapisan terbawah yaitu dari kampung atau desa, sekaligus menjadi sarana pencarian bakat-bakat olahraga nasional.

“Saya sangat bahagia akhirnya kita bisa meluncurkan salah satu program utama Kemenpora yaitu Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023. Melalui kejuaraan ini saatnya kita memperhatikan pembinaan olahraga mulai dari regional paling bawah yaitu dari desa atau kampung,” jelas Dito dalam sambutannya.

Dito juga menjelaskan bahwa kejuaraan ini akan mengemas konsep tarkam dengan penerapan teknologi dan juga cita rasa baru. Sehingga menjadikannya berskala besar dan lebih menarik.

Dalam pelaksanaannya juga diharapkan bisa menjadi suatu wadah masyarakat bisa bertemu, interaksi sosial, dan gotong royong. Kemudian melibatkan unsur seni, budaya, dan juga UMKM yang otomatis akan menggerakkan ekonomi kerakyatan.

“Saya yakin setiap nanti di titik-titik daerah dilaksanakannya, UMKM dan pedagang kaki lima akan berkumpul dan di situlah perputaran ekonomi bisa terjadi,” tutur Menpora.

“Kami ingin olahraga tidak hanya dari perspektif fisik dan juga prestasi, tetapi bagaimana olahraga bisa memajukan peradaban manusia bermasyarakat di Indonesia,” tandasnya.

Sebagai informasi, peluncuran Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 ini ditandai dengan pukulan servis badminton Menpora Dito bersama sejumlah tamu undangan yang hadir.

Sederet selebritis ikut memeriahkan acara meliputi Aldi Taher, komedian Marshel Widianto, Valentino “Jebret” Simanjuntak, hingga penampilan khusus Charly van Houten dari Setia Band. Charly membawakan lagu ciptaannya bertajuk “Indonesia Adalah Kita” bersama putranya Restu, yang menjadi lagu tema Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023.

Sejumlah pejabat kementerian yang menjadi mitra Kemenpora dalam penyelenggaraan kejuaraan tarkam hadir pada kegiatan peluncuran ini, kemudian para kepala dinas dari kabupaten/kota, bersama sejumlah mantan atlet dan pengurus organisasi keolahragaan yang dipertandingkan.

Kejuaraan tarkam edisi pertama ini akan digelar di 32 kabupaten/kota di Indonesia. Yang selanjutnya akan diupayakan digelar di 70 kabupaten/kota, dengan target ke depan bisa terlaksana minimal di 200 sampai 300 kabupaten/kota. Kick off pertandingannya sendiri dimulai 19 Agustus mendatang di Tangerang Selatan (Tangsel).