JAKARTA, Indotimes.co.id — Presiden Joko Widodo () telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Para Games (APG) ke-11 yang ditandatangani oleh Jokowi pada 17 Juni 2022. Dalam Perpres tersebut Ketua Umum NPC Indonesia menunjuk , Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee atau Inaspoc.

Beberapa hari setelah dikeluarkannya Perpres tersebut, Inaspoc langsung bergerak cepat untuk mematangkan persiapan APG. Gibran yang didampingi oleh Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto serta beberapa Inaspoc mendatangi , Erick Thohir.

Dalam pertemuan itu, Gibran memaparkan kesiapan Solo, Jawa Tengah untuk menggelar APG 2022. Selain itu Wali kota Solo tersebut juga meminta dukungan dari Erick Thohir untuk mengajak BUMN guna ikut mendukung kesuksesan pesta olah raga bagi kaum negara-negara se-Asia Tenggara tersebut.

“Saya melakukan pertemuan dengan pak Menteri BUMN, Erick Thohir untuk meminta dukungan dari BUMN. Kita tahu BUMN memiliki resource kuat seperti adanya sejumlah seperti Telkom, , Angkasa Pura dan beberapa Bank,” jelas Gibran.

“Untuk komunikasi dan jaringan internet ada Telkom, listrik bisa disuport oleh PLN serta untuk dan publikasi bisa didukung oleh berbagai bank BUMN,” tambah Gibran.

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Gibran, rencananya Erick Thohir akan mengundang instansi dan perusahaan BUMN untuk mengadakan rapat pada hari Senin, 27 Juni 2022.

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto mengucapkan banyak terima kasih kepada Menteri BUMN, Erick Thohir atas kesempatannya menerima kedatangan Inaspoc.

“Kami berterima kasih kepada bapak Erick Thohir yang mau menerima Inaspoc untuk membicarakan persiapan ASEAN Para Games. Kami sangat berharap adanya dukungan dari pemerintah khususnya dari BUMN akan membantu kesuksesan penyelenggaran APG tahun ,” ucap Rima Ferdianto.

Selain mengadakan pertemuan dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Gibran juga melakukan pertemuan dengan pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

“Tujuan pertemuan dengan Hary Tanoe untuk meminta dukungan dari MNC Grup guna membantu mempublikasikan dan mewartakan berita-berita tentang APG,” tandas Rima.