JAKARTA, Indotimes.co.id – Seperti diperkirakan, GM Susanto Megaranto akhirnya tampil sebagai juara JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021, yang berakhir Rabu, (8/12) di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta.

Kepastian itu capai pecatur asal Indramayu, setelah meraih poin kemenangan atas Sagita Catur Adi pada babak 9, hasil ini membuat Susanto mengemas poin 8, mengungguli dua pesaingnya, Surya Wahyudi dan Ramadhan Dziththauly, yang sana-sama mengemas poin 7,5 dan harus puas berada di posisi kedua dan ketiga turnamen berhadiah total Rp 110.500.000 ini.

Susanto Megaranto mengaku puas karena bisa bertanding dan juara setelah sekian lama vakum karena pandemi.

“Saya tetap bersyukur masih bisa bertanding secara normal dan juara. Bagi saya bukan juaranya yang penting tapi adanya kesempatan bertanding,”ujar ayah dua anak ini.

Susanto juga menilai semangat para peserta mengikuti turnamen ini cukup tinggi.Mungkin hal itu dikarenakan sudah lama tidak ada turnamen secara langsung.

Baca juga :  PSSI Resmi Batalkan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Susanto juga berharap ke depan akan semakin banyak turnamen catur elorating supaya memberi kesempatan kepada pecatur lain yang potensial untuk berkembang.

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto juga punya harapan yang sama. Utut yang juga politisi dan anggota DPR-RI tiga periode dari Fraksi PDIP itu juga mengakui bahwa turnamen rating sangat penting ketimbang kita harus mendatangkan pecatur dari luar negeri.

“Percasi akan fokus pada pembinaan ke dalam. Jika sudah banyak atlet potensial muncul barulah mereka kita proyeksikan ikut turnamen berkualitas,” ujar Utut.

Menurutnya menjadi tantangan bagi Percasi karena hingga saat ini kita baru memiliki 8 GM, 4 diantaranya sudah almarhum. “Jadi tinggal 4 yang masih aktif.Ini tentu jomplang jika dibandingkan dengan jumlah populasi penduduk kita,” tandas Utut.