JAKARTA, Indotimes.co.id – Bersamaan dengan berlangsungnya Olimpiade Catur
ke-44 di Chennai, India, Federasi Catur Internasional (FIDE) juga menyelenggarakan kongres. Kongres yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini, ajan membahas berbagai hal terkait dengan olahraga Catur.

Untuk tahun ini bersamaan dengan perhelatan Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India tanggal 27 Juli sd 10 Agustus 2022, Kongres FIDE akan melakukan pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026.

Kabar baiknya, Ketua Umum PB PERCASI GM Utut Adianto telah lolos sebagai satu-satunya kandidat yang diterima FIDE untuk menjabat sebagai Presiden FIDE Zona 3.3, yang akan memimpin kawasan ASEAN (Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand Vietnam plus Timor Leste) dan Taiwan, Hong Kong, Jepang, Makau, Mongolia, Korea Selatan.

Penetapan Presiden FIDE zona 3.3 akan dilaksanakan bersamaan sesi Pemilihan Presiden semua zona lainnya, pada tanggal 5 Agustus 2022.

GM Utut Adianto menyampaikan bahwa kesempatan dan kepercayaan yang diberikan tersebut akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk memajukan catur di kawasan Zona 3.3.

Sementara pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026 akan berlangsung tanggal 7 Agustus 2022 pada sesi Rapat Majelis Umum seluruh anggota FIDE yang berjumlah 180 negara.