JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melantik Gunawan Suswantoro sebagai Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) yang baru. Gunawan Suswantoro mantan Sekjen Bawaslu ini resmi dilantik sebagai orang nomor dua di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11).

Gunawan menggantikan Plt Sesmenpora Jonni Mardizal, yang mengisi kekosongan jabatan Sesmenpora semenjak Gatot S Dewa Broto, memasuki masa pensiun pada Januari 2021 lalu.

Dalam sambutannya, Zainudin mengatakan bahwa pengalaman Gunawan yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu menjadi bekal dalam menjalankan perannya di Kemenpora nantinya. Namun, Zainudin mengatakan bahwa tetap akan ada perbedaan tantangan termasuk dalam mengatas permasalahan yang mungkin akan terjadi.

Menpora meyakini Gunawan Suswantoro yang punya pengalaman menjabat Sekjen Bawaslu dapat memimpin pekerjaan di Kemenpora.

Menpora pun berharap Gunawan bisa melanjutkan program-program prioritas Kemenpora salah satunya soal tata kelola dan kecepatan pelayanan.

“Saya kira Pak Sesmenpora ini seperti sambutan saya tadi, beliau sudah sangat berpengalaman, 13 tahun jadi Sekjen Bawaslu. Saya kira pekerjaannya teman-teman tahu,” kata Menpora, kepada media, seusai pelantikan.

Menpora menambahkan pengalaman Sesmenpora sebelumnya sebagai Sekjen Bawaslu tak perlu diragukan lagi.
“Bahkan mengurusi Satker sampai tingkat kabupaten dan kota, 500an lebih Satker yang diurusi beliau dan Alhamdulillah bagus,” lanjut Menpora.

“Jadi kita harapkan ada percepatan terutama hal-hal yang terkait dengan tata kelola. Perbaikan tata kelola, perbaikan reformasi birokrasi, jadi hal2 yang seperti itu yang kita inikan,” ujar Menpora pula.

Menteri asal Gorontalo ini, melanjutkan di Kemenpora ada lima program prioritas. Pertama adalah tentang perbaikan tata kelola, kecepatan pelayanan, reformasi birokrasi, penyederhanaan aturan-aturan. “Kita butuh ASN kita menjadi ASN yang lincah, responsif, melayani, dan bisa mengatasi semua masalah,” jelasnya.

Dengan pengalaman dan kinerja bagus saat menjadi Sekjen Bawaslu selama 13 tahun, Menpora juga memastikan Gunawan tak butuh waktu lama untuk melakukan adaptasi di Lingkungan Kemenpora.

“Harapan kepada Pak Gunawan karena beliau pengalaman jadi Sekjen Bawaslu. Saya kira beliau tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang baru,” tandas Menpora.

Pengangkatan Gunawan
Suswantoro didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 130/TPA/2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemenpora.

Sementara itu sebagai Sesmenpora baru, Gunawan meminta bimbingan dan kerjasamanya dari Deputi, Asdep, dan Kepala Biro yang ada di lingkungan Kemenpora.

“Saya siap menjalani tugas saya sebagai Sesmenpora. Terutama membantu Pak Menpora dalam menjalankan program- program di Kemenpora sebagsimana tugas saya sebagai aparatur negara” tandasnya.