JAKARTA, Indotimes.co.id – Dua pasangan Indonesia berhasil melaju ke semi-final ganda seri kedua Harum Energy Men’s World Tennis Tour di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Jumat (23/6).

Unggulan teratas turnamen ITF M15 Jakarta ini, Nathan Anthony Barki dan Christopher Rungkat masih terlalu perkasa bagi duet Shuichi Sekiguchi /Kazuma Kawachi (Jepang) di babak perempat final, Kamis (22/6). Peraih medali perak SEA Games 2023 itu menang meyakinkan, straight set, 6-1 6-2.

“Performance saya sama Nathan lebih baik dari kemarin. Hari ini kami main solid dari awal gim sampai akhir. Kami buat first serve yang cukup tinggi persentasenya dan juga return game kami sangat baik. Kami selalu press, bisa menekan sepanjang pertandingan. Saya kira itu kunci kemenangan kami,” ucap Christo.

Pada babak empat besar, pasangan yang telah mengoleksi dua gelar juara ganda ITF itu akan menghadapi unggulan ketiga asal India, Sidhant Bhantia /Nitin Kumar Sinha.

Legenda hidup tenis di Tanah Air itu menyatakan bahwa mereka akan melaju ke partai puncak selama bermain sesolid hari ini. “Kami ingin juara,” tegasnya.

Sementara itu ganda non unggulan, Justin Barki/Thiemo de Bakker menjungkalkan unggulan keempat, Ethan Cook/Aaron Addison dari Australia. Duet gado-gado Indonesia-Belanda itu unggul melalui laga straight set yang diwarnai tie break, 6-4 7-6(3).

“Kupikir kita memulai laga dengan baik. Set pertama, kami bermain bagus. Kami memanfaatkan tiap peluang. Sedangkan di set kedua, return lawan lebih baik. Namun, akhirnya, kami mengambil tie break karena solid,” ujar Thiemo.

Dalam meraih tie break, Justin menambahkan bahwa mereka lebih unggul secara fisik. “Ganda itu kan kolaborasi, ya. Jadi, harus saling membantu di saat yang menegangkan, di poin penting,” tutur peraih delapan gelar ganda ITF.

Justin dan Thiemo akan bertemu Yuta Kawahashi dan Sora Fukuda, dari Jepang, pada empat besar ganda ajang yang disponsori perusahaan tambang ini. Pasangan yang baru berduet ini akan mempersiapkan sebaik mungkin.

“Ganda itu susah diprediksi. Kuncinya bisa pegang servis aja. Itu penting sekali.” tutur Justin.

Mengingat lawan mereka mengalahkan Jaydon (adik Justin) pada babak pertama, mereka mengungkapakan bahwa laga esok hari didedikasikan untuk Jaydon Barki..
“Kami akan membalaskan dendamnya,” canda Thiemo.

Berada di paruh yang berbeda, dua wakil ganda tuan rumah ini berpeluang untuk bertemu di partai puncak turnamen yang disponsori perusahaan pertambangan berkode HRUM di lantai bursa ini.

Sementara itu di nomor tunggal, andalan tuan rumah Muhammad Rifqi “Tole” Fitriadi masih sanggup menjaga asa Indonesia. Unggulan ketujuh itu berhasil melenggang ke babak perempat final usai menyingkirkan Mourani Bouzige, dari Australia.

Tunggal terbaik tim Merah Putih itu menang dalam dua set langsung usai melewati tie break, 6-4 7-6(1).

“Di tie break, mulai awal, tetap fokus, tetap bermain konsisten. Lawan juga dua sampai tiga kali melakukan unforced error. Itu bikin saya lebih ingin main agresif sehingga bisa take advantage dari sana,” tutur peringkat 685 ATP.

Torehan ini cukup dramatis. Pada permulaan set pertama, Tole tertinggal 0-4, sebab kehilangan dua servis pertamanya. Meskipun demikian, peraih emas tunggal putra SEA Games 2023 ini sanggup membalas dengan mencetak enam poin beruntun. Ia merenggut tiga servis lawan, termasuk poin kemenangan, 6-4.

“Setelah dapat satu poin, 1-4, saya mulai mengembalikan permainan yang ada dan strategi yang ada. Lawan juga mulai bermain dengan lebih hati-hati. Dari situ, poin per poinnya, saya bisa ambil,” ujarnya pula.

Pada babak delapan besar, Jumat (23/6), Tole akan meladeni unggulan keempat asal Jepang, Shuichi Sekiguchi. Unggulan ketujuh itu tidak memiliki persiapan khusus untuk meladeni peringkat 685 tunggal dunia itu.

“Saya akan evaluasi permainan hari ini. Malamya, enjoy dulu. Makan yang bagus dan sehat. Istirahat cukup,” tandasnya.