JAKARTA, Indotimes.co.id – Andalan Indonesia, Muhammad Rifqi “Tole” Fitriadi (24) mencapai partai puncak pekan ketiga Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023.

Pada babak semi final, Sabtu (1/7), tunggal terbaik tim Merah Putih itu mengalahkan unggulan ketiga asal India, S D Prajwal Dev. Bertanding di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, seeded kelima itu unggul straight set, 7-6(3), 6-2.

“Laga berlangsung sengit, saling kejar-mengejar poin dan sama-sama bisa mengambil break,” tutur peringkat ke-695 tunggal internasional itu.

Rifqi sebenarnya sempat unggul satu break pada pertengahan set pertama, 5-3. Namun, dua kali double faults menghambat langkahnya. Bermain limbung, lawan mencuri dua servisnya untuk meraih empat gim beruntun. Kedudukan berbalik. 5-6.

Tak mau makin terpuruk, Rifqi berhasil mengambil servis lawan. Tak memberikan sebijipun skor kecil, peraih emas tunggal SEA Games 2023 ini memaksa berlangsungnya tie break. Tujuh poin didapatkannya lebih dulu. Set pembuka pun dalam genggamannya, 7-6(3).

“Di set kedua, Prajwal Dev mengubah permainannya. Dia menyerang dan mengincar forehand saya. Itu justru cocok dengan permainan saya,” ujarnya.

Rifqi pun semakin nyaman bermain di set kedua. Peraih emas SEA Games 2023 ini berhasil menyelamatkan satu-satunya upaya pencurian servis dari lawan. Sebaliknya, ia merenggut dua servis lawan dalam lima kemenangan beruntun, 6-2.

Pada partai puncak, Rifqi akan meladeni pasangan gandanya, Palaphoom Kovapitukted, asal Thailand yang menundukkan wakil India, Sidhant Bhantia, 6-3, 6-2.

“Kami seangkatan. Sudah bertemu sejak 2015. Kami masih muda dan bermotivasi tinggi. Akan saya berikan penampilan terbaik,” ujar peraih emas tunggal PON Papua, 2021 ini.

Dalam partai final keduanya di tahun ini, atlet kelahiran Banjarmasin (Kalimantan Selatan) ini akan berjuang untuk mendapatkan gelar pertama turnamen ITF sepanjang karirnya.

Rifqi pun memohon dukungan para pecinta tenis tanah air untuk menjuarai ajang berlevel M15 ITF ini.

Sementara itu, pada sektor ganda turnamen bersponsor perusahaan tambang yang melantai di bursa saham dengan kode HRUM ini dimenangkan unggulan ketiga asal India, S D Prajwal Dev dan Nitin Kumar Sinha.

Pada partai puncak, keduanya menundukkan duet Jepang, Shuichi Sekiguchi dan Kazuma Kawachi dalam dua set langsung, 6-1, 6-2.