- Advertisement -

Harum Energy Men’s World Tennis Tour 2023 Seri III: Rifqi ke Perempat Final

- Advertisement -

JAKARTA, Indotimes.co.id – Petenis Indonesia, Muhammad Rifqi “Tole” Fitriadi (24) melangkah ke perempat final seri ketiga Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023. Pada babak kedua, Kamis (29/6), tunggal terbaik Merah Putih ini menjungkalkan wakil Jepang, Koki Matsuda. Bertanding di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, unggul dua set langsung, 6-1, 6-4.

“Game berjalan sesuai strategi yang kami, saya dan tim pelatih, susun tadi malam. Akhirnya, berhasil. Dimulai dari set pertama, kita bermain agresif, baik dari servis maupun return. Kita bisa ambil set pertama dengan cukup cepat,” ujarnya.

Rifqi mengawali laga dengan keunggulan telak. Kemenangan beruntun tiga gim pembuka serta tiga gim penutup membuatnya memenangi set pertama.

- Advertisement -

Unggulan kelima seri terakhir ini hanya membukukan sekali double faults meskipun tidak mencetak ace sama sekali. Dalam bertahan, peringkat 695 tunggal dunia ini mematahkan keseluruhan upaya break lawan.

Kegemilangan ini sempat goyah pada permulaan set kedua. Rifqi tertinggal tiga poin terlebih dahulu. Peraih emas SEA Games 2023 ini kecolongan servis pertamanya di gim kedua.

Nasib baik, Rifqi mengamankan servis di gim keempat. Setelah lawan mengamankan servis, Rifqi pun meledak. Lima kemenangan beruntun diraihnya. Untuk menuntaskan laga selama satu jam tujuh belas menit ini, forehand mendatarnya tidak dapat dikembalikan lawan dengan sempurna.

“Lawan mendapat momentum. Permainan saya sedikit lebih monoton. Lawan itu cocok dengan permainan yang saya berikan di awal set. Setelah itu, saya mengubah ritme permainan, lebih membuka lapangan, lebih melambatkan temponya. Lawan melakukan unforced error. Di situ, saya bisa mengambil momentum,” terangnya.

Pada perempat final, Jumat (30/6), Tole akan kembali menantang wakil Negeri Samurai, Yuta Kawahashi. Atlet Jawa Timur kelahiran Banjarmasin (Kalimantan Selatan) ini akan mengulang strategi meski harus menerka cara main lawan di awal laga lantaran merupakan pertemuan perdana diantara kedua petenis ini.

“Semua pemain tentu ingin juara. Saya akan memberikan permainan terbaik saja di setiap pertandingan,” ucap pengidola Feby Widhiyanto.

Sayangnya.sukses Rifqi, tak diikuti Nathan Barki (18). Mesti berpuas diri lolos ke babak kedua tunggal ajang berlevel M15 ITF ini, namun langkah peraih perunggu beregu dan perak ganda SEA Games 2023 ini, terhenti di tangan finalis seri kedua, Yurii Dzhavakian, asal Ukraina dua set langsung, 1-6, 2-6.

Kendati kalah, Nathan masih berpeluanf mengukir gemar di sektor ganda. Berpasangan dengan Christopher Rungkat, keduanya melenggang ke semi final seri penutup dari tiga rangkaian turnamen Harum Energy Men’s World Tennis Tour 2023.

Nathan/Christo di perempat final mengalahkan wakil Negeri Samurai, Koki Matsuda dan Taketo Takamisawa. Unggulan pertama yang terpaut lima belas tahun ini menang straight set. Return servis Christo yang tak terbalas menuntaskan laga, 2-6, 2-6.

Sayangnya, ganda tuan rumah lainnya, Anthony dan David Agung mesti angkat kaki lebih dini. Duo Susanto Bersaudara ini ditaklukan duet Negeri Sakura, Shuichi Sekiguchi dan Kazuma Kawachi. Meski memaksa digelar super tie break, keduanya kalah. Backhand dekat net dari Sekiguchi menyudahi laga rubber set selama satu jam sepuluh menit, 3-6, 6-3, 2-10.

Pada semifinal, Jumat (30/6), Nathan dan Christo akan menantang unggulan ketiga asal India, Prajwal Dev dan Nitin Kumar Sinha, yang mengandaskan pasangan Indonesia-Thailand, Rifqi Fitriadi dan Kovapitukted, 6-1, 7-6(3).

Sedangkan, semifinal satunya akan mempertandingkan duel sedana pasangan Negeri Sakura. Duet Shuichi Sekiguchi /Kazuka Kawachi akan berjibaku dengan Sora Fukuda /Tomohiro Masabayashi di seri terakhir ajang bersponsor perusahaan tambang berkode HRUM di lantai bursa ini.

- Advertisement -
Exit mobile version