JAKARTA, Indotimes.co.id – Operator Kompetisi Indonesian Badketball League (IBL) telah melakukan drawing pembagian grup untuk Kompetisi IBL 2022, pada Senin (22/11) malam.

Kompetisi bola basket kata tertinggi di tanah air ini terbagi dalam dua divisi, yakni Divisi Merah dan Putih. Delapan tim berada di Divisi Merah dan delapan lainnya bergabung dengan Divisi Putih.

Juara bertahan Satria Muda Pertamina berada pada Divisi Merah dan runner up, Pelita Jaya Bakrie muncul pada Divisi Putih.

“Kedua tim teratas pada musim lalu, Satria Muda Pertamina Jakarta  dan Pelita Jaya Jakarta berada dalam pot 1. Kemudian diikuti pada pot 2 adalah semifinalis musim lalu, West Bandits Solo dan Dewa United Surabaya . Pada pot 3 bergabung dua tim yang lolos ke play off musim lalu, DNA Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung. Sepuluh tim lainnya ada di pot 4,” jelas Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Baca juga :  Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023

Menurut Junas, dengan bertambahnya jumlah peserta dari 11 ke 16, pada IBL musim ini setiap divisinya dihuni delapan klub.

Tentunya dengan bertambahnya jumlah peserta, bertambah juga klub yang lolos ke babak playoff, yaitu menjadi delapan tim.

Untuk IBL 2022,  tim yang berada pada satu pool akan memainkan format kompetisi penuh, sementara untuk lintas pool akan berlangsung dengan sistem round robin.

“Delapan tim terbaik akan maju ke babak play off. Babak play off direncanakan akan berlangsung dengan sistem home and away dan format best of three,” jelas Junas.

Junas menambahkan di babak play off, peringkat pertama akan ditantang peringkat delapan, peringkat kedua melawan peringkat ketujuh, rangking ketiga menghadapi urutan keenam, dan posisi keempat bertarung melawan peringkat kelima.

Pada Kompetisi IBL 2022, total  babak reguler akan memainkan 176 pertandingan, sedangkan di babak play off bakal tergelar 21 pertandingan.

Baca juga :  Tendangan Maut Jeka Saragih Hentikan Perlawanan Mahr John

Berikut hasil lengkap undian divisi IBL musim 2022 :

Divisi Merah
1. Satria Muda Pertamina Jakarta
2. West Bandits Solo
3. DNA Bima Perkasa Jogja
4. Tangerang Hawks
5. Bumi Borneo Basketball Pontianak
6. Satya Wacana Saints Salatiga
7. Pacific Caesar Surabaya
8. Indonesia Patriots

Divisi Putih
1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta
2. Dewa United Surabaya
3. Prawira Bandung
4. Bali United Basketball
5. Hangtuah Jakarta
6. NSH Mountain Gold Timika
7. RANS PIK Basketball
8. EVOS Thunder Bogor.