INASGOC Tidak Beri Batasan Media Liput Test Event Asian Games 2018

JAKARTA, Indotimes.co.id – Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC) tidak memberi batasan media untuk meliput test event Asian Games 2018 pada Februari mendatang.

INASGOC memberi kesempatan kepada setiap media di Tanah Air dan luar negeri untuk meliput test event Asian Games. Deadline pendaftaran pada 5 Januari mendatang yang dikirim lewat Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

KOI merupakan representasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Tanah Air. Namun, untuk melakukan verifikasi media, INASGOC bekerjasama dengan 10 lembaga atau instansi di Indonesia termasuk BIN, BNN, BNPT, Interpol, Kemlu, Ditje Imigrasi dan lain sebagainya.

“Syaratnya, surat tugas dari kantor yang bersangkutan, foto kopi KTP dan ID Card, dan foto dengan resolusi 300 kb berlatar putih. Untuk media luar, melampirkan paspor dan visa kunjungan jurnalis,” tutur Juru Bicara KOI Hellen Sarita de Lima dalam pertemuan dengan media di Kantor INASGOC di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Baca juga :  Azzahra Pecahkan Rekornas di Kolam Baru

Selain Hellen, dalam pertemuan tersebut turut dihadiri tiga perwakilan INASGOC, yaitu Tito Loho dari Departemen Akreditasi, Linda Wahyudi (Direktur Dept. Broadcasting), dan Ratna Irsana (Media & PR).

Sementara itu pihak INASGOC melalui Tito Loho dari Departemen Akreditasi  mengatakan Form untuk media akan dibagikan secepatnya. Para media segar mengembalikan  form medaftran  paling lambat pada 5 Januari 2018. Untuk ID Test Event akan  diberikan pada 30 Januari mendatang.

“Untuk media lokal, maksimal bisa mengirim delapan wartawan. Masing-masing empat untuk reporter dan fotografer pada test event ini. Kita sama-sama menguji coba, baik wartawan maupun kami di INASGOC untuk melaksanakan liputan sesuai dengan aturan internasional,” kata Ratna Irsana dari Bidang Media & PR INASGOC.

Test Event Asian Games 2018 berlangsung pada 10-18 Februari mendatang, mempertadingkan sembilan cabang olahraga, yaitu Panahan,  Atletik,  Basket 5×5,  Tinju, Sepak Bola, Pencak Silat, Taekwondo, Bola Voli dan Angkat Besi.

Baca juga :  Shin Tae-yong Akui Bulgaria Bukan Lawan Mudah Bagi Timnas U-19

Hampir semua pertandingan test event Asian Games 2018 dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta, kecuali cabang sepakbola yang berlangsung di wilayah Jawa Barat (Kota Bekasi, Kabupate Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung)

Pelaksanaan Asian Games 2018 sendiri bari digelar pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang di dua kota yaitu Palembang (Sumatera Selatan) dan Jakarta dan wilayah sekitarnya.