, Indotimes.co.id – Asian Track Championships (ATC) 2019 resmi dibuka. Kejuaraan yamg berlangsung 9 hingga 13 Januari mendatang di Jakarta International Velodrome (JIV) , menjadi kebanggaan Indonesia, setelah sukses menggelar dan Asian Para Games pada 2018 lalu di tempat yang sama.

Ketua Umum Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia ( PB ISSI) Raja Sapta Oktohari dalam sambutannya saat membuka resmi event ini, menyatakan bangga Indonesia dipercaya menggelar kejuaraan balap sepeda internasional bergengsi.

Sosok yang sukses sebagai ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games III/2018 (INAPGOC) ini, menilai semua ini tak lepas dari kesuksesan Indonesia sebagai penyekenggara Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu, khususnya di cabor balap sepeda.

Menurut Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, ATC 2019 ini event akbar yang diikuti ratusan pembalap sepeda terbaik Asia. Mereka berasal dari 16 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

“Kami, dari PB ISSI bangga dengan terselenggaranya Asian Track Championships 2019. Ini event balap sepeda akbar pertama pada 2019. Sekaligus, sebagai pengumpulan poin bagi atlet menuju 2020,” kata Okto dalam sambutannya di JIV, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (8/1) malam.

Pernyataan pria 43 tahun ini beralasan, mengingat gelaran ini merupakan yang pertama di Indonesia dalam satu dekade terakhir, sejak 2008 di Velodrome , Kalimantan Timur.

Terlebih, tujuan utama Asian Track Championships 2019 ini demi menambah poin bagi setiap pembalap yang ikut. Pengumpulan poin untuk kualifikasi Olimpiade 2020 akan dimulai Januari ini hingga awal tahun depan sebelum batas akhir penutupan.

Okto menambahkan, kita semua harus bangga Asian Track Championships 2019 digelar di JIV yang juga menyelenggarakan dan Asian Para Games 2018 lalu. Apalagi JIV Rawamangun ini didaulat UCI sebagai salah satu venue balap sepeda terbaik di dunia.

“PB ISSI berterima kasih kepada segenap pihak yang telah bersama mensukseskan acara ini dalam beberapa hari ke depan. Asian Track Championships 2019 merupakan event bersejarah bagi Indonesia yang diikuti berbagai pembalap Asia. Selamat berjuang secara sportivitas”, pungkas Okto.