Indonesia Siap Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco

JAKARTA, Indotimes.co.id -Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) siap melakukan pemecahan rekor dunia Guinness World Record Poco-Poco pada Minggu, 5 Agustus 2018. Kegiatan ini akan digelar sepanjang titik ibu kota yaitu Silang Monang, Jalan MH Thamrin, Bundaran HI dan Jalan Sudirman.

Wakil Ketua Umum Pemecahan Rekor Poco-Poco, Hermawan Kertajaya, mengatakan kegiatan ini ntuk menunjukkan kepada dunia bahwa Poco-poco merupakan asli Indonesia, sekaligus menunjukan Indonedia memiliki keksyaan dam keragaman budaya.

Menurut Hermaean peserta yang akan terlibat dalam pemecahan rekor ini berjumlah 65 ribu orang yang berasal dari berbagai kalangan. Di antaranya TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, siswa SLTA se-DKI, Guru Olahraga se-DKI, SKPD DKI, Mahasiswa DKI, Dharma Wanita Persatuan, Formi DKI, Fitnes Center dan Sanggar Senam, perwakilan lintas agama, dan lingkungan RT/RW.

“Acara dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Jadi ini hasil perjuangan teman-teman di FOKBI yang mendapat tugas dari Kemenpora atas ide dari Ibu Negara dua tahun yang lalu bahwa poco-poco ini harus mendunia,” ujar Hermawan di Kantor Kemenpora Jakarta, Jumat (3/8).

Baca juga :  PSSI Bersama Super Soccer Kirim 25 Pemain U-16 Berlatih ke Inggris

Hermaean mengungkapkan pemecahan rekor dunia poco-poco merupakan inisiasi Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai Pembina Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. Di mana diharapkan dapat melestarikan budaya asli Indonesia dan meningkatkan industri pariwisata nasional, melalui olahraga rekreasi budaya yang kian berkembang di tengah masyarakat.

Hermawan juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan acara ini, sebagai wujud rasa bangga atas budaya bangsa dan cinta tanah air.

Nantinya para peserta mulai berkumpul dari pukul 04.00 WIB hingga 08.00 WIB. Untuk keamanan dan lalu lintas selama acara berlangsung pihak panitia juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Kepolisan dalam hal ini Polda Metro Jaya.

Sentara itu Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang sudah mempersiapkan dengan matang kegiatan ini. Dipilihnya poco-poco, karena sudah dikenal di seluruh nusantara. Ia berharap seluruh lapisan masyarakat menjadi giat dalam berolahraga.

Baca juga :  Jackson Kumaat Dukung Ketua DPD RI La Nyalla Jadi Ketum PSSI

“Pemerintah memandang pemecahan rekor ini strategis, tidak hanya sekadar mencatat rekor, tapi bisa membuat masyarakat dunia kagum kepada Indonesia,” pungkas Isnanta.