, Indotimes.co.id – Pupus sudah harapan Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018. Ironisnya nasib Indonesia ditentukan dari hasil laga Filipina melawan Thailand yang berkesudahan imbangn 1-1 (0-0) di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (21/11) malam.

Hasil imbang tersebut, praktis menutup peluang Indonesia yang baru meraih poin 3 dari tiga tampil lolos ke semifinal. Dengan hasil tersebut baik Filipina maupun Thailand sama-sama mengemas 7 poin, namun Thailand yang unggul selisih gol tetap bertahan di sementara diikuti Filipian di urutan kedua.

Sedang berada di peringkat ketiga dengan poin 6, setelah dalam pertandingan yang bersamaan unggul telak 6-1 saat menjamu .

Dengan hasil tersebut, laga terakhir Timnas Indonesia menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Minggu (25/11) apapun hasilnya tidak akan bisa menyelamatkan Indonesia, yaitu gagal pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018.

Kondisi menjadikan persaingan untuk lolos ke semifinal dari Grup B, kian seru, karena tiga tim teratas posisinya masih belum aman, dan harus ditentukan pala laga terahir pada 25 November mendatang.

Thailand akan menjamu Singapura, sedang Filipina akan bertandang ke Jakarta menghadapi Indonesia. Thailand hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal, sebaliknya Singapura wajib menang.

Sementara Filipina juga tidak boleh kehilangan poin saat tandang ke Indonesia. Jika Filpina sampai gagal alias kalah maka sulit bagi mereka melaju ke semifinal, dengan cacatan jika Singapura memenangkan laga atas Thailand.

Sebaliknya bagi Indonesia, laga terkahir saat menjamu Filipina adalah harga diri jangan sampai kalah di kandang sendiri. Pasukan Sakti, tentunya harus mememangkan laga ini, untuk mengungani kekecewaan masyarakat Indonesia.

Pada pertandingan antara Filipina melawan Thailand yang berakhir imbang 1-1, Thailand lebih dulu unggul lewat gol Supachai Jaided pada menit ke-56 dan gol balasan Filipina dihasilkan Jovin Bedic pada menit 81.

Laga lainnya di Grup B, Singapura pesta gol atas Timor Leste. Goil Singapura, masing-masing dihasilkan oleh Safuwan Baharudin (12, 19, 90+2), Ikhsan Fandi (30,42) dan Faris Ramli (90). Sedang gol balasan Timor Leste dicetak Rufino Gama (13).