JAKARTA, Indotimes.co.id – Indonesia tidak mamatok target muluk pada ajang Youth Olympic Games atau Olimpiade Remaja 2018 yang berlangsung di Buenos Aires, Argentina pada 6-18 Oktober mendatang.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Madang seusai pelepasan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Remaja 2018 di Kantor Kemenpora,Senaya, Jakarata, Senin (1/10).

“Target kita gak muluk-muluk, yang penting harus bawa pulang medali. Karena ini kan event dunia jadi kita juga harus mengukur diri kita. Tapi ya kita juga bukan peserta yang terjelek juga, walaupun bukan yang terbaik sehingga target kita bawa pulang medali, khususnya dari cabang voli pantai. Karena voli pantai kita yang juniornya bagus, termasuk yang diunggulkan di 10 besar dunia. Harapan kita ya mudah-mudahan bisa membawa pulang tiga medali. Syukur-syukur perak dan lebih bersyukur lagi emas,” kata Muddai.

Baca juga :  Tim  Hockey Underwater  Patok Emas SEA Games

Hal senada juga diungkapkan Dito Ariotedjo, selaku Chef de Mission (CdM) atau Ketua Kontingen Olimpiade Remaja 2018. Meski tidak mematok target muluk, tapi ia berharap pasukannya bisa memberikan yang terbaik pada ajang multievent untuk atlet berusia 14-18 tahun tersebut.

“Saya berharap para atlet bisa memberikan yang yerbaik. Sukses Indonesia di Asian Games kemarin, saya harap bisa menambah semangat para atlet muda kita untuk mengukir prestasi di Olimpiade Remaja ini,” ungkapnya.

Para atlet yang berlaga di Olimpiade Remaja 2018 ini dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Dalam kesempatan itu, Imam berharap Olimpiade Remaja 2018 bisa menjadi ‘batu lompatan’ bagi para atlet muda Indonesia untuk berprestasi di jenjang yang lebih tinggi.

“Kita ingin ajang ini bisa menjadi batu lompatan ke Olimpiade. Bertanding dengan baik dan semoga prestasi para atlet bisa menghibur saudara-saudara kita yang berduka,” kata Imam.

Baca juga :  Optimis Timnas Putri 3x3 Raih Emas SEA Games

Pada Olimpiade Remaja di Buenos Aires 2018, Kontingen Indonesia berkuatan 18 atley, yang akan tutun di delapan cabang olahraga, yaitu bulu tangkis, atletik, renang, angkat besi, basket 3×3 putri, menembak, voli pantai, dan golf.

Indonesia pada Olimpiade Remaja sebelumnya di Nanjing, Tiongkok tahun 2014 lalu, Indonesia berhasil membawa pulang 1 medali perunggu dari Anthony Ginting dari cabor bulu tangkis.