, Indotimes.co.id – Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Ice Skating Asia (Asian Open Short Track Speed Ice Skating Trophy) 2018, yang berlangsung 30 November hingga 2 Desember mendatang di Oasis Centre Arena, AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta. Ajang merupakan kejuaraan ice skating short track speed international pertama di Indonesia, yang diikuti 113 skaters dari 13 negara peserta.

Hal tersebut dikatakan Presiden Federasi Ice Skating Indonesia (FISI), Susan Herawati, seusai bertemu seusai bertemu Sekretaris Pemuda dan Olahraga () Gatot S Dewabroto di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakata, Jumat (30/11).

“Terima kasih kepada Kemenpora telah mensupport kami, kegiatan ini adalah pertama kali digelar di Indonesia dan diikuti 113 peserta dari 13 negara termasuk Indonesia. Kami harap even ini dapat memicu prestasi para atlet Indonesia pada SEA Games 2019 mendatang,lebih baik lagi dari SEA Games 2017 lalu,” kata Susan.

Menurut Susan kejuaran ice skating ini sekaligus menjadi ajang persiapan para atlet ice skating Indonesia untuk menghadapi SEA Games XXX di Filipina 2019 mendatang, dimana cabang olahraga ice skating juga dipertandingkan.

Susan juga optimis pada kejuaran ice skating Asia ini para atlet Indonesia mampu mengukir prestasi terbaiknya. “Kita berharap di setiap nomor yang dipertandingkan kita mampu meraih tiga medali emas, lawan kita terberat dari China Taipei, China dan Korea tapi kami yakin atlet kita mampu bersaing dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu Sesmenpora, Gatot S Dewabroto mengatakan Pemerintah mendukung penuh digelarnya kejuarana ice skatin Asia ini. Terlebih lagi ini bagian dari persiapan para atlet Indonesia menghadapi SEA Games di Fili[pina tahun 2019 mendatang.

“Pemerintah memberi support kejuaraan ini, dukungan pemerintah tidak semata-mata berhenti di dan Asian Para Games 2018 saja. Banyak even nasional dan internasional yang terus kami dorong, tidak hanya sport olimpic, tetapi yang non sport olimpic pun tetap kami dorong,” kata Gatot.

Gatot menambahkan, cabor ice skating ini akan dipertandingkan di SEA Games Filipina 2019 mendatang. “Turnamen selevel Asia ini menjadi kesempatan bagi para atlet kita untuk menunjukkan kemampuannya yang maksimal menuju Sea Games 2019 di Manila tahun depan,” ujarnya.

Kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan ice skating Asia telah mendapat dari Asian Skating Union (ASU) yang telah mengirimlan tim meninjau persiapan dan venue pertandingan yang di gunakan di Oasis Centre Arena di AEON Mall, Jakarta.

President Asian Skating Union, Chang Myong Hi menilai venue ice rink di Indonesia sangat baik dan mengagumkan. Chang menilai venue tersebut menjadi salah satu terbesar dan terbaik di Asia.

“Ini adalah venue atau ice rink dengan ukuran untuk Olimpiade, semoga even ini kedepan menjadi langkah awal bagi atlet Indonesia berjaya di even internasional lainnya,” jelas Chang yang hadir mendampingi FISI.

Kejuaraan Ice Skating Asia diikuti 13 negara, yaitu , Singapura, Thailand, Filipina, China Taipei, Korea, China, Hongkong, Qatar, Australia, , , dan tuan rumah Indonesia. Kejuaraan ini mempertandingkan lima nomor yakni Senior, Junior A, Junior B, Junior C dan Junior D dan usia paling peserta paling rendah adalah 11 tahun hingga 38 tahun.