Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. Royke Lumowa, Bersepeda Solo Keliling Dunia Promosikan Indonesia

JAKARTA, Indotimes.co.id – Usia bukan halangan bagi Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. Royke Lumowa, M.M, seorang purnawirawan Polri untuk mewujudkan cita-citanya berkeliling dunia dengan bersepeda.

Pria yang kini berusia 61 tahun, yang pada akhir Desember 2022 lalu menyelesaikan studi doktoral di Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia itu mewujudkan hoby nya bersepeda ke penjuru dunia.

Mantan Kakorlantas Polri ini berencana mengimplementasikan ilmu yang baru diperoleh dengan bersepeda solo (perseorangan) keliling dunia, dari Jakarta menuju Paris, Perancis.

Mantan Kapolda Maluku dan Sulawesi Utara ini akan melakukan perjalanan panjang sekitar setahun lebih
mulai 8 Juli 2023, dan berakhir pada November 2024.

Rute yang akan dilalui yaitu melewati 47 negara sahabat. Rinciannya adalah Indonesia; Singapora; Malaysia; Thailand; Laos; China; Nepal; India; Pakistan; Iran; Turkey; Yunani; Bulgaria, Makedonia Utara; Albania; Montenegro; Bosnia; Kosovo; Serbia; Rumania; Hungaria; Slovakia; Austria; Slovenia; Kroasia; Italia; Monaco; Spanyol; Andorra; Portugal; Maroko; Inggris; Belgia; Belanda; Denmark; Norwegia; Swedia; Findlandia; Rusia; Estonia; Latvia; Lithuania; Polandia; Czecnya; Germania; Switzerland; .dan berakhir di Perancis.

Finis tahap pertama di Paris bertepatan dengan pembukaan Olimpiade Musim Panas di Paris pada tanggal 26 Juli 2024. Momentum ini adalah bagian dari spirit bahwa Indonesia siap menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2036.

Setelah istirahat beberapa hari, perjalanan ini dilanjutkan Kembali dengan tujuan ke beberapa negara di Eropa yang belum disinggahi hingga berakhir pada bulan November 2024.

Pria asal Kawanua ini berlasan menggunakan sepeda adalah bagian dari kampanyenya, menggunakan sepeda kemanapun kita pergi untuk menyelamatkan Bumi (Cycling anywhere to save the Earth).

Menurutnya sepeda adalah moda transportasi ramah lingkungan yang dapat meminimalkan Karbondioksida dan mampu menekan suhu global tak melebihi 2°C sebagaimana Paris Agreement dan COP21.

Selain itu dengan touring sepeda inipun sekaligus bertujuan mengajak kaum muda Indonesia untuk membangun negeri ini
dengan semangat dan dedikasi pantang menyerah, cinta Tanah Air demi kemajuan Indonesia ke depan yang lebih sejahtera dan makmur.

Royke menambahkan dalam touring keliling dunia ini ada misi lain yang dia emban, diantaranya merajut persahabatan antar-negara, juga mengajak masyarakat dunia untuk meningkatkan aksi penyelamatan Bumi melalui pelestarian lingkungan.

Dua juga akan
mempromosikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas tahun 2036. Disamping
mempromosikan Indonesia sebagai negara tujuan wisata dunia.

Yang tak kalah penting, lanjut Royke dalam perjalanannya kelililing dunia, dia menggunakan sepeda produksi dalam negeri jenis Road Bike buatan lokal/wdnsdy.

Selain itu, dirinya juga akan menggalang donasi untuk membantu penyiapan energi terbarukan/energi listrik tenaga surya kepada masyarakat daerah terpencil di.pelosok tanah air.

Selama perjalanan keliling dunia, Royke akan didampingi tiga orang kru, yang bertugas sebagai pengemudi kendaraan pendamping (Yayak), mekanik (Stev), dan fotografer (Dimas).

Royke menambahkan perjalanannya bersepeda keliling dunia ini di disponsori oleh Indika Energy.

Sebagai persiapan untuk touring keliling dunia untuk pertama kalinya ini, Royke mengaku Sudan mempersiapkan fisik, dengan berlatih setiap hari bersepeda menempuh jarak 50 km.