JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menerima audiensi Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik dan Wali Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) Rahmad Mas’ud di ruang kerjanya,lantai 10  Gedung Graha Pemuda, Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (10/8).

Kedatangan pejabat daerah tersebut guna melaporkan terkait penyelenggaraan kegiatan Festival Sandeq 2022 di Sulawesi Barat dan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Kami melaporkan kepada beliau (Menpora) tentang event yang akan dilaksanakan di Sulbar dan Kaltim, yaitu Festival Sandeq disamping itu juga beliau memberikan arahan acara tersebut kita sinergikan dengan kegiatan peringatan Hari Olahraga Nasional yang akan dilaksanakan tanggal 9 september 2022 ini,” kata Akmal usai pertemuan.

Menurut Akmal, Festival Sandeq ini akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Agustus dan puncaknya 9 September tepat pada peringatan Hari Olahraga Nasional. Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh peserta dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Menurunya, pemerintah daerah baik Sulbar maupun Kaltim tengah melakukan persiapan, namun demikian kegiatan Festival Sandeq ini dilaksanakan dengan tidak menggunakan APBD dan mengandalkan sponsorship.

“Alhamdulillah sponsorship hampir mendekati angka 50 persen,” seraya menambahkan, para pesandeq juga tengah menyiapkan kapal-kapal mereka untuk dilibatkan dalam festival tersebut.

“Pak Wali dan pemerintah provinsi kita memiliki komitmen yang sama untuk menyukseskan penyelenggaraan Haornas, bersinergi dengan kegiatan Festival Sandeq,” katanya.

Menurutnya, para peserta dengan menggunakan kapal layar akan star dari tanjung Silopo Kabupaten Polman menuju pantai Kota Majene kemudian menuju Sendana dan Deking. Dari Deking peserta menuju ke Pulau Ambo ke pantar Manggar kemudian ke BSB Balikpapan atau Ibu Kota Negara Nusantara.

“Dari Sulbar ke IKN simbolnya adalah bahwa 34 provinsi bergerak menuju Balikpapan,  IKN adalah sebagai dukungan Indonesia terhadap IKN,” ucapnya.

“Kita ingin Haornas yang betul-betul dikenang, tidak hanya Haornas, tapi bagaiamana mendukung IKN bisa dibangun dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyampaikan apresiasiatas dijadikannya Kota Balikpapan sebagai lokasi finis dari Festival Sandeq dan tempat penyelenggaraan Haornas 2022.

“Tentu kita memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya Festival Sandeq ini dimana Balikpapan dijadikan tempat finish dan kita bersyukur tentu kita sebagai tuan rumah akan menyambut dengan baik,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menyambut baik dan mendukung penyelenggaran Festival Sandeq dan puncaknya pada peringatan Haornas 2022.

“Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenpora menyambut baik dan mendukung kolaborasi Pemerintah Sulbar, Pemkot Balikpapan dalam persiapan penyelenggaran Festival Sandeq dan Haornas 2022,” tandasnya.

[i]

[i]