Jonatan Christie Raih Emas Tunggal Putra Asian Games

JAKARTA, Indotimes.co.id – Jonatan Christie akhirnya mampu membayar kegagalanya dinomor beregu putra, setelah meraih medali emas tunggal putra cabang olahraga (cabor) bulu tangkis Asian Games XVIII/2018. Pada laga final yang berlangsung di Istora Gelora bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Selasa (28/8), Jonatan mengalahkan pebulu tangkis China Taipeh, Chou Tienchen dengan rubber games 21-18, 20-22, dan 21-15.

Sukses yang dicapai Jojo (sapaan akrab Jonatan Christie) merupakan hasil perjuangan berat yang dilalui sejak babak awal bulu tangkis tunggal putra.

Jojo pun tak menyangka dirinya bisa menjadi yang terbaik di nomor tunggal putra cabor bulutangkis Asian Games. Menurutnya banyak pebulu tangkis terbaik dunia yang tamp[il di Asian Games ini, dan tentunya lebih hebat dari dirinya secara peringkat.

“Saya tak menyangka bisa juara Asian Games karena ini se-Asia di mana bulutangkisnya jago. Ada juara dunia, Kento Momota, Chen Long, Kidambi dan banyak lagi yang bagus.” Tandas Jojo.

Baca juga :  Tim Polo Air Putri Jabar Juara IOAC 2019

Keberhasilan Jojo mempersembahkan emas ke-23 bagi Kontingen Indonesia ini, sekaligus menyambung tradisi emas Asian Games tunggal putra yang terputus pada Asian Games Doha 2006.

Emas Asian Games tunggal putra pertama Indonesia dipersembahkan oleh Tan Joe Hok pada Asian Games Jakarta pada 1962. Kemudia emas kedua diraih Ang Tjin Siang pada Asian Games Bangkok tahun 1966, dilanjutkan Liem Swie King pada Asian Games Bangkok tahun 1978.

Tradisi ini kemudian dialnjutkan Hariyanto Arbi di Asian Games Hiroshian tahun 1994, dan terakhir oleh Taufik Hidayat yang sukses menyabet dua kali emas pada Asian Games Busan tahun 2002 dan Ssian Games Doha pada 2006.

Sementara itu pada laga final nomor ganda putra, yang mempertemukan dua pasangan ganda terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, akhirnya dimenangakan Kevin/Marcus denggan rubber game 13-21, 21-18, dan 24-22.

Baca juga :  Trio Skrikandi Indonesia Optimis Tembus Final

Hasil ini membawa pasangan ganda nomor satu dunia ini mempersembahkan medali emas ke-24 bagi Kontingen “Merah Putih”. Pasnagan berjuluk ‘The Minion’ inin juga mencatatkan rekor tak terkalahkan sepanjang laga Asian Games 2018.