TANGERANG, Indotimes.co.id – Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia berhasil meraih dua medali emas dari nomor Taolu pada hari pertama Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang digelar di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, Selasa (6/12). 

Kedua medali emas yang sebelumnya diprediksi pelatih Taolu, Probo Muljono tersebut disumbangkan Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy Ferdiansyah. 

Tampil di kelompok Junior A Putra, Josh yang membawakan permainan Nanquan (Tangan Kosong dari Selatan) sukses menyingkirkan 15 pesaingnya. Atlet Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara ini mengantongi nilai terbaik 9.28 poin. 

Medali perak direbut atlet junior asal Jepang, Sota Miyamori dengan 9,25 poin dan perunggu jatuh ke tangan Ko Yeongwoo dari Korea dengan 9,18 poin. 

“Saya senang dan bangga bisa menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Wushu Indonesia. Emas ini saya persembahkan buat masyarakat Indonesia dan juga kedua orang tua,” kata Josh yang ditemui usai pengalungan medali.

Sebelumnya, Rainer Reinaldy Ferdiansyah yang turun di kelompok Junior A putra mencatatkan sebagai peraih medali emas pertama dari Taiji Jien/Pedang.

Atlet Sasana Xiao Yao Surabaya Jawa Timur ini menjadi yang terbaik dengan memgantongi 9.40 poin. Medali perak nomor ini, direbut Nguyen Quangminh dari Vietnam dengan 9,06 poin. Perunggu diraih Ali Essam Ali dari Mesir dengan 9,02.

“Ya, saya senang dan bangga bisa menjadi yang terbaik. Medali emas ini saya persembahkan buat kedua orang tua dan Indonesia,” tandas Rainer.