TANGERANG, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyebut Kontingen Wushu Junior Indonesia yang sudah meraih sukses prestasi dengan mengoleksi 6 medali emas dan 1 perunggu pada hari kedua Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang berlangsung di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, Rabu (7/12).

Event yang melibatkan 60 negara dan 2 region (Hongkong dan Macau) ini memperebutkan 71 medali emas (45 Taolu dan 17 Sanda) baru akan berakhir Sabtu, 10 Desember 2022.

“Saya kira sukses prestasi sudah kita raih dengan keberhasilan Kontingen Wushu Junior Indonesia mengoleksi 5 emas dan 1 perunggu pada hari kedua pelaksanaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. Dan, saya berharap medali emas bisa bertambah lagi karena waktu pelaksanaan masih panjang,” kata Menpora yang hadir langsung menyaksikan penampilan atlet-atlet wushu Indonesia.

Apa yang telah dicapai Pasukan Garuda Muda tersebut, kata Menpora, sebagai bukti bahwa program pembinaan olahraga wushu Indonesia yang dilakukan PB WI sudah semakin baik. Apalagi, cabang olahraga (cabor) wushu masuk dalam daftar cabor Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Saya kira luar biasa. Mudah-mudahan akan semakin baik pembinaannya ke depan. Karena ini kejuaraan junior dan tujuannya ada yakni Road to Youth Olynmpic Games 2026 Dakkar, Senegal, mereka dipersiapkan lebih baik lagi,” imbuh Menpora.

Selain sukses prestasi, kata Menpora, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto juga telah meraih sukses penyelenggaraan dan sukses ekonomi.

“Saya mendapatkan informasi baik dari Wakil Presiden IWUF dan Sekjen IWUF bahwa mereka sangat senang dengan penyelenggaraan yang dilakukaan Indonesia,” katanya.

“Saya juga dapat informasi dari Bupati Tangerang kalau hotel di sini penuh. Jadi, ini luar biasa,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Media Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Ilham Permana mengatakan, PB WI meraih tiga sukses tidak terlepas dari peran dan dukungan media.

“Atas nama panitia dan PB WI, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan teman-teman wartawan dari media cetak, elektronik maupun online,” kata Ilham Permana yang juga Wakil Ketua Umum II PB WI.

Untuk mensukseskan kejuaraan dunia yang diikuti 60 negara dan 2 region (Hongkong dan Macau), kata Ilham, pihak panitia melakukan berbagai strategi dengan memasang billboard dan spanduk di berbagai tempat.

“Kami juga menyediakan doorprize menarik kepada penonton yang setia menyaksikan pertandingan kejuaraan dunia,” ungkapnya.