TANGERANG, Indotimes.co.id – Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta mengapresiasi capaian Kontingen Indonesia untuk Special Olympics Indonesia (SOIna) pada ajang Special Olympics World Games (SOWG) 2023 Berlin.

Pada ajang tersebut kontingen SOina berhasil meraih 10 medali emas, 5 medali perak, dan 8 medali perunggu.

“Kepulangan adik-adik ke tanah air dalam keadaan sehat wal afiat dan juga berhasil meraih 10 medali emas, 5 medali perak, dan 8 medali perunggu. Ini suatu kebanggaan bagi Indonesia,” kata Isnanta saat menjemput Kontingen SOIna di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (28/6) pagi.

Menurut Isnanta prestasi kontingen SOIna Ok ini sangat membanggakan. Pemerintah dalam hal ini Kemenpora menyambut capaian tersebut.

“Jami merasa bangga dan senang atas kembalinya para atlet ke Indonesia, dalam keadaan sehat. Di samping sehat juga membawa medali,” ucap Isnanta yang didampingi Asisten Deputi Olahraga Penyandang Disabilitas Ibnu Hasan.

Bukan itu saja, lanjut Isnanta, apa yang telah dilakukan kontingen SOIna sangat luar biasa, Indonesia semakin di kenal diantara negara-negara peserta SOWG lainnya.

“Hari ini pemerintah menyambut Kontingen SOina bukan saja untuk hari ini tapi juga untuk menatap kedepan di tahun 2027 dimana Indonesia ditawarkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan SOWG 2027,” tambahnya.

Isnanta juga berterima kasih kepada para atlet dan seluruh kontingen yang telah berjuang di Berlin. “Terima kasih yang sudah memperoleh medali namun bagi yang belum berhasil menyumbang medali, juga jangan berkecil hati, karena nama Indonesia diharumkan oleh kalian semua,” ujarnya pula.

“Dengan jumlah kontingen yang tidak terlalu banyak tapi medalinya cukup besar. Semoga adik-adik memberikan inspirasi bagi teman-teman dari provinsi lain untuk semangat berolahraga,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Isnanta juga berpesan kepada para orang tua atlet agar selalu menjaga anak-anaknya kerana mereka sudah milik bangsa Indonesia.

“Para orang tua kami titip untuk anak-anak ini karena mereka sudah milik putra-putri Indonesia. Pemerintah dan SOIna akan terus memantau dari segi pembinaannya. Mari kita berkolaborasi antara orang tua, SOIna, pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar mereka tetap semangat dan berprestasi,” tandas Isnanta.

Sementara itu Ketua Delegasi Kontingen
SOIna di SOWSG 2023 Berlin Agus Sugiharto mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang mendukung langsung perjuangan atlet di Berlin.

Menurutnya, kehadiran Menpora Dito sebagai bentuk dukungan kepada Kontingen SOIna. “Pada kesempatan ini saya selaku HoD Kontingen SOIna menyampaikan ucapan terima kasih yang luar biasa atas dukungan yang diberikan kepada kami dari Kemenpora khususnya Bapak Menpora yang berkesempatan hadir,” ucapnya.

“Kehadirannya sebagai bentuk dukungan kepada kami sehingga anak-anak kami bisa memberikan yang terbaik dengan mendapatkan perolehan medali 10 emas 5 perak dan 8 perunggu,” tutupnya.

Prestasi yang telah dicapai itu telah
melampaui target dengan membawa pulang 10 emas 5 perak dan 8 perunggu. Pencapaian Kontingen SOIna di SOWG 2023 melebihi target yang dicanangkan yakni 9 emas.

Pada ajand SOWG 2023, Indonesia mengirim 25 atlet dan mengikuti 7 cabang olahraga. Event ini diikuti sekitar 173 negara dan lebih dari 6200 atlet.