Kemenpora Sambut Baik Kunjungan Komisi X DPR RI

JAKARTA,Indotimes.co.id- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyambut baik keseriusan anggota Komisi X DPR RI yang melihat langsung kondisi  beberapa venue yang ada di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (24/1).

Rombongan Komisi X DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi X Djoko Pudjianto didampingi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto melihat beberapa venue yang akan digunakan untuk perhelatan Asian Games Agustus mendatang, seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno(SUGBK) Stadion Aquatic ,Istora Senayan, dan Lapanga Hoki.

Menurut  Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengaku pihaknya mendukung langkah para anggota dewan tersebut sebagai bentuk perhatian akan keberlangsungan perhelatan Asian Games nanti.

“Hari ini para anggota Komisi X DPR RI mengunjungi venue di Kawasan GBK, langkah ini dilakukan karena Komisi X adalh mitra Kemenpora, dan perhelatan Asian Games adalah tanggung jawab Kemenpora, ini wajar dan kami merasa terhormat anggota DPR RI melakukan peninjauan langsung ke kawasan GBK,” ujar Gatot.

Baca juga :  Menpora  Terima Empat Karateka Pelatnas Asian Games  

Menurut Gatot  dua event besar  akan digelar, yaitu Asian Games yang akan digelar 8 Agustus – 2 September 2018, dan Asian Para Games 8 – 16 Oktober 2018 adalah hajat akbar yang mempertaruhkan gengsi dan martabat Indonesia di mata masyarakat dunia khususnya benua Asia. “Catur Sukses dicanangkan, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses prestasi, dan sukses ekonomi masyarakat,” tegas Gatot.

Rencananya pemantauan venue tidak hanya dilakuakn di Jakarta, tapi juga akan dilakukan di tiga daerah lainnya, seperti di Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Jawa Barat. Dan Jawa Tengah.

“Peninjuan juga akan dilakukan di tiga provinsi lainnya, para anggota Komisi X akan membagi tugas peninjauannya, ada yang ke Jakabaring Sport Center, ada ke Jawa Barat untuk memantau venue dan pelatnas, serta ada yang ke Jawa Tengah melihat pelatnas pencak silat serta voli pantai, disampaing itu juga mengunjungi National Paralympic Commite (NPC),” jelas Gatot.

Baca juga :  Kalahkan Papua 22-7, Polo Air Putri Jabar Tempel DKI

Sementara itu Ketua Komisi X Djoko Pudjianto mengatakan  dengan kunjungan ke venue di GBK, pihaknya merasa lega bahwa semua berjalan sesuai perencanaan dan menaruh harapan besar bahwa empat sukses Asian Games dapat diperoleh.

“Kami ingin bersinergi dari segi pengawasan dengan pelaksanaan agar  4 sukses yang dicanangkan tercapai dengan baik. Komisi X mendukung penuh pelaksanaan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Salah satu bentuk dukungan adalah dengan persetujuan terhadap anggaran yang digunakan dan hendaknya hasil pembangunan venue berkualitas sesuai standar, “ujar Djoko.

Djoko menambahkan pihaknya merasa lega setelah mendapat penjelasan dari Dirjen Cipta karya dan Ketua INASGOC bahwa tidak perlu khawatir tentang penggunaan anggaran.

“Kualitasveue terjamin karena sebelum diserahterimakan ada konsultan indipenden yang meng-approve bahwa venue sudah sesuai dengan standar federasi internasional cabornya. Semoga semua ini mendukung para atlet untuk mengibarkan merah putih,” pungkas Djoko.