JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga  (Menpora ) Zainudin Amali mengatakan rencana uji coba kehadiran penonton secara terbatas dalam pertandingan Liga 1 masih terus dimatangkan. Stadion yang memiliki fasilitas kursi tunggal atau single seat menjadi salah satu syaratnya.

“Sedang dimatangkan dan stadion dalam penerapan uji coba kehadiran penonton ini harus yang single seat,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers secara virtual dari Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Kamis (18/11).

Menurut Menpora , tribun stadion yang memiliki fasilitas kursi perorangan ini dapat mendukung penerapan protokol kesehatan. Penonton yang hadir langsung menyaksikan pertandingan nantinya bisa menjaga jarak.

“Saya harap ini bisa diterapkan nantinya ya. Kenapa yang harus single seat, karena nanti bisa diatur jarak antara penontonnya dengan memberi tanda silang pada kursi,” ujar Zaunudin Amali.

Lebih lanjut, menurutnya Kemenpora  juga siap memfasilitasi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) jika ingin menggelar rapat koordinasi bersama Polri, Kemenkes, BNPB, maupun Satgas Penanganan Covid-19.

“Kalau PSSI sudah siap dan jika ingin ada pertemuan atau rapat koordinasi dengan Polri, satgas dan pihak terkait lainnya untuk membahas hal ini, saya akan komunikasikan,” tandas Zainudin Amali.

Seperti diketahui, terdapat sejumlah stadion yang telah memiliki kursi perorangan, seperti Si Jalak Harupat di Bandung, Pakansari Bogor, Manahan Solo dan lainnya. Stadion yang memiliki kursi tunggal ini tentunya juga akan memudahkan penyelenggara pertandingan dalam merancang posisi duduk penonton.