JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI), Marsda (Purn) Agus Muhammad Baron berjanji akan membawa cabang olahraga (cabor) Boling Indonesia kembali menuai prestasi membanggakan dan mengharumkan nama bangsa.

Agus Muhammad Baron yang dipercaya memimpin induk olahraga boling di tanah air pada Februari 2024 lalu, bertekad mengembalikan kejayaan olahraga bola gelinding yang pernah mengharumkan Indonesia dikancah internasional.

Terlebih lagi, kondisi yang terjadi di tanah air, beberapa waktu yang dimasa pandemi, dimana boling harus mengalami masa suram, dimana sarana olahraga bolingpun harus ditutup.

Kini sebagai ketua umum PBI, dirinya ingin kembali menggairahkan sekaligus mengembalikan kejayaan olahraga boling di Indonesia sekaligus mampu mengukir prestasi yang membanggakan di ajang internasional.

Terkait itulah pihaknya akan melakukan
penjaringan atlet-atlet berkualitas, agar Boling bisa kembali mengharumkan Indonesia, melalui berbagai.kegiatan, termasuk salah satunya dalam waktu dekat ini, yaitu PON 2024, di Sumatera Utara – Aceh, yang akan dilanjutkan di tingkat yang lebih tinggi lagi, SEA Games di Thailand.

“Boling adalah cabor yang ada di Event Nasional seperti PON dan SEA Games. Harapan yang saya inginkan adalah boling akan tetap berjaya dan kita akan menjaring atlet-atlet yang ada di daerah,” ujar Agus saat ditemui di Artha Gading Bowling Center, Jakarta, Rabu (10/7).

Agus menjelaskan cabor Boling yang turut dipertandingkan pada PON Aceh-Sumut juga bakal dijadikan PB PBI untuk menjaring atlet-atlet boling berkualitas.

Mereka yang berkualitas pun mempunyai kesempatan untuk mewakili Indonesia di kejuaraan Boling internasional, termasuk untuk SEA Games 2025, dam multi event lainya seperti Asian Games.

Sejauh ini, lanjut Agus sudah ada dua agenda kejuaraan internasional, yakni Asian Indoor di Thailand pada November 2024 dan Januari tahun depan ada kejuaran dunia.

“Bulan Januari ada kejuaran dunia. Mudah-mudahan kita bisa berpartisipasi kemudian ada Asian Indoor Thailand bulan November. Mudah-mudahan semua atlet yang kita persiapkan baik junior maupun senior harapan kita ya boling Indonesia bisa jauh lebih berprestasi,” tambah Agus.

“Ya memang PON ini adalah event dari masing-masing Provinsi yang akan berlaga di salah satu event nasona PON, di sana lah kita kan seleksi otomatis, yang dapat prestasi akan kita ambil dan mereka kan kita adu lagi di event-event internasiona,” tandasnya.

Agus berharap upaya yang diiakukannya ini dapat membawa perubahan gx gebih baik untuk kemajuan olahraga boling Indonesia. Karena Agus berharap dukungan semua pihak agar yang pihaknya inginkan ini dapat terwujud.