JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terus berupaya agar laga kandang turnamen Piala AFF saat Tim Nasional (Timnas) Senior Indonesia menghadapi Kamboja pada hari Jumat (23/12) dan menjamu Thailand pada hari Kamis (29/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karnon(SUGBK), Senayan, Jakarta, bisa dihadiri oleh para penonton.

Dalam kesempatan nonton bareng Piala Dunia 2022 bersama dengan awak media, Minggu (18/12), pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menyebut jika PSSI sudah mengurus izin kepada pihak Kepolisian, agar penonton bisa hadir menyaksikan penampilan Eggy Maulana Vikri dan kawan-kawan saat menjalani lagi kandang pada Turnamen Sepakbola Piala AFF 2022.

Di piala AFF 2020 yang diberlangsung di Singapura pada tahun lalu, Timnas Indonesia tidak mendapat dukungan maksimal dari suporter sendiri karena bermain di Singapura, dimana kala itu Tim Garuda tampil sebagai runner-up.

Di sisi lain, pada level kelompok umur, pecinta Timnas Indonesia sudah bisa menyaksikan laga tim Indonesia U16 dan U19 ketika berlaga di Piala AFF, sudah bisa menyaksikan langsung ke Stadion.

“Saya selaku Ketua Umum PSSI telah melayangkan surat permohonan izin kepada pihak Polri untuk laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 agar bisa dihadiri penonton,” ujar Iwan Bule di sela-sela Nobar Argentina melawan Prancis pada laga final Piala Dunia 2022 Qatar di Jakarta, Minggu (18/12) malam.

“Saya pun sudah melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian mulai dari Polsek, Polres hingga Polda dan Mabes, dimana permohonan kami sekitar 30 ribu penonton bisa memadati SUGBK saat Indonesia menghadapi Kamboja dan 50 ribu penonton ketika menjamu Thailand,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan jika para pemain mengharapkan hadirnya para penonton di Stadion, sebagai tambahan penyemangat untuk mengalahkan para lawannya saat berlaga di kandang.

“Hadirnya penonton sangat diperlukan boleh anak-anak untuk memberikan semangat. Hal itu juga yang dipesankan para pemain Timnas kepada saya sebagai Ketua Umum PSSI, karena menurut mereka atmosfirnya berbeda ketika ada dan tidak ada suporternya,” terangnya.

Iwan Bule pun menyebut jika kini pihaknya tengah menunggu keputusan sekaligus pengumuman resmi dari Mabes Polri terkait kehadiran suporter Indonesia, sehingga kehadiran suporter yang kemudian menjadi pemain ke-12 di dalam Stadion itu mampu menambah semangat para pemain Timnas Indonesia dalam perjalanannya mempersembahkan trofi Piala AFF untuk kali pertamanya, setelah enam kali finish sebagai runner-up.

“Sebagai Ketua Umum PSSI, segenap upaya dan usaha sudah saya lakukan untuk pengkoordinasian hadirnya para suporter mendukung Timnas kita berlaga di SUGBK. Semoga upaya saya ini tidak mendapat halangan maupun rintangan dan kini kita tinggal menunggu pengumuman resmi dari Mabes Polri. Mudah-mudahan Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemuhi keinginan PSSI,” ucapnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengizinkan kembali Kompetisi BRI Liga 1 bergulir. “Terimakasih Pak Presiden Joko Widodo, Pak Menpora Zainudin Amali dan juga Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah mengizinkan kembali bergulirnya kompetisi BRI Liga 1,” tambahnya.

Sementara itu terkait persiapan Timnas Indonesia sendiri jelang mengikuti Piala AFF 2022, Iwan Bule mengatakan bahwa skuad Shin Tae-yong itu sudah siap, meski sebelumnya tidak merumput di Liga lantaran dihentikan setelah tragedi Kanjuruhan. Namun saat melakukan TC di Bali, fisik para pemain digembleng dan terus diasah kemampuan tekniknya oleh juru taktik asal Korea Selatan itu.

“Saat saya memantau beberapa hari lalu ada peningkatan yang sangat luar biasa terhadap para pemain, seperti Marc Klok, Jordi serta lainnya, sehingga jika kita lihat komposisinya, taktikal sudah dimatangkan oleh Shin Tae-yong. Saya pun optimis kita mampu meraih kemenangan demi kemenangan dan untuk itu mohon doanya dari segenap masyarakat sepakbola Indonesia,” harapnya.

Lebih lanjut Ketum PSSI yang membuat peringkat Indonesia melejit pesat pada ranking FIFA itu juga mengatakan jika segenap keperluan Timnas sudah diakomodir jelang mengikuti Piala AFF 2022 ini, sehingga dirinya pun sangat berharap jika timbal baliknya adalah prestasi tertinggi.

“Alhamdulillah, semua keinginan pemain sudah saya akomodir, baik dari sarana latihan, uang saku, bahkan penginapan jelang menghadapi Piala AFF ini kita tempatkan mereka di hotel Fairmont, Senayan, bahkan karena jadwal pertandingan yang begitu padat, kita charter pesawat untuk transportasi para pemain,” terangnya.

“Semoga apa yang semua saya akomodir untuk keperluan Timnas, mereka akan membalasnya dengan torehan prestasi. Bukan untuk saya, namun prestasi itu dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia,” pungkasnya.