JAKARTA, Indotimes.co.id – Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 secara resmi ditunda pelaksanaannya hingfa akhie Juli mendatang. Semula kompetisi sepakbola kasta tertinggi di tanah air ini dijadwalkan akan kick-off pada 9 Juli 2021.

Dengan laga pembuka antara PSS Sleman vs Persija Jakarta yang akan berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sementara untuk perhelatan Liga 2 baru akan bergulir selang 14 hari setelah kick-off Liga 1.

Keputusan penundaan itu diumumkan langsung oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam konferensi pers virtual yang juga dihadiri Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno. di Jakarta, Selasa (29/6).

Keputusan menunda Liga 1 dan Liga 2 sampai November tidak lepas dari sikap Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terkait izin keamanan.

Yunus mengatakan bahwa PSSI kemarin, Senin (28/6) telah menerima surat dari Satgas Covid-19 diharapkan kepada kami dan PT LIB untuk menunda pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang didalam surat ini disampaikan sampai akhir Juli.

Baca juga :  Kompetisi Sepakbola Indonesia Masuk NomInasi Tiga Besar Asia

“PSSI memahami dan memaklumi situasi dan perkembangan Covid-19 yang melanda bangsa kita atas asas kemanusiasan PSSI memutuskan mengikuti dan turuti arahan pemerintah,” katanya.

Sebelum itu, turnamen pramusim Piala Walikota Solo 2021. Semula, ajang yang berlangsung di Stadion Manahan itu akan digelar 29 Juni hingga 4 Juli, juga batal digelar.

Meningkatnya kasus Covid-19 yang meninggi di wilayah sekitar Solo Raya membuat Satgas Covid-19 daerah dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak memberikan rekomendasi turnamen itu digelar

Sementara itu, Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, dalam ksempatan yang sama
mengatakan, penundaan Liga 1 dan Liga 2 berkaitan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah mengkhawatirkan.

Dilansir dari covid19.go.id, per 29 Juni 2021, terdapat 2.156.465 kasus positif, 1.869.606 dinyatakan sembuh, dan 58.024 meninggal dunia di Indonesia.

“Kami baru menerima surat dari kepala BNPB (Ganip Warsito) yang memberikan rekomendasi digelarnya Liga 1 dan Liga 2,” ujar Sudjarno.

Baca juga :  Daihatsu Indonesia Masters 2018 Langkah Prestasi Menuju  Asian Games

Karena itu atas pertimbangan kemanusian rencanapelaksanaan
kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang rencana kick-off pada 9 Juli ditunda sampai akhir Juli. “Semata-mata demi kesehatan masyarakat bukan ada hal lain,” sambung Sudjarno.

PT LIB sangat menghormati apa yang menjadi kebijakan pemerintah tersebut.

“Oleh karena itu, PT LIB sangat menghormati kebijakan otoritas pemerintah,” tandas Sudjarno.