JAKARTA, Indotimes.co.id – Dibalik masih banyak permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan Kompetisi sepakbola di Tanah Air, yang harus dibenahi PT Liga Indonesia baru (PT LIB) selaku operator kompetisi sepak bola di Indonesia, angin segar justru datang dari Konfederasin Sepak bola Asia (AFC). AFC mengundang Indonesia, dalam hal ini PT LIB untuk hadir dalam pemilihan kompetisi sepakbola terbaik Asia di Bangkok Thailand, 19-20 November 2018 mendatang, terkait masuknya Indonesia dalam Tiga Besar Nominasi kompetiis terbaik tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Berlinton Siahaan, dalam keterangan resmi kepada media di Kantor PT LIB di Jakarta, Senin (23/10).
Menurut Berlinton, sebagai suatu penghargaan besar dan kebanggan bahwa kompetisi sepak bola Nasional masuk ke dalam tiga besar nominasi kompetisi berkembang di Asia. Sebelumnya, AFC mengeluarkan rilis resmi bahwa kompetisi Indonesia sudah masuk ke dalam 10 besar.

Baca juga :  JAPFA Gelar Catur GM & WGM Tournament 2019 di Yogyakarta

Pada perkembangan berikutnya, PT LIB menerima undangandari AFC untuk menghadiri aacara puncak pengumuman kompetisi sepakbola terbaik di Asia, yang akan digelar di Thailand pada 19-20 November 2018 mendatang. Dimana Indonesia (PT LIB) masuk nominasi tiga besar di Asia.

Namun, Berlinton tidak bisa menyebutkan siapa saja dia pesaing Indonesia untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Seperti diketahui bersama, AFC bersama SPIA (Sport Industry Awards) Asia mengumumkan sepuluh liga yang masuk ke dalam kompetisi paling berkembang di Asia.

Dari sepuluh liga di Asia tersebut, Indonesia akan bersaing dengan Bhutan, Guam, India, Yordania, Kirgistan, Filipina, Singapura, Tajikistan, dan Vietnam.
“Kami PT LIB mendapat undangan dari AFC untuk menghadiri penghargaan tersebut dan tentu saja ini sangat membanggakan. Yang diundang itu hanya tiga negara, Indonesia (PT LIB) dan dua Negara lainya, yang tidak disebutkan AFC. Kami harus bersyukur bahwa ternyata perkembangan sepak bola Indonesia sangat berkembang,”ungkap Berlinton.

Baca juga :  Kemenpora Bantah Bonus Pelatih Asian Games Belum Cair

Berlinton mengungkapkan kesuksesan Indonesia masuk tiga besar nominasi kompetisi paling berkembang di Asia tidak serta merta membuat PT LIB berpuas diri. Sebab, masih ada kekurangan-kekurangan untuk memperbaiki kompetisi di Indonesia. “Kami dari PT LIB itu akan coba terus memperbaiki hal-hal (kekurangan) itu,” imbuhnya.

Berlinton juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas semua dukungan terlenggaranya kompetisi sepakbola di Indonesia. “Terima kasih atas dari para pecinta sepak bola di Indonesia, baik dari sponsor maupun stakeholder kita maupun dari suporter-suporter kita semuanya, bahwa Liga Indonesia baru-baru ini mendapatkan surat dari AFCbahwa kita masuk tiga besar dalam hal perkembangan kompetisi untuk tahun ini,” tambah Berlinton.

Berlinton menambahkan beberapa aspek yang mendukung keberhasilan Indonesia adalah dari sisi komunikasi, media, promosi, administrasi, keuangan, dan hal-hal lain yang dinilai AFC. Pihaknya berharap, Indonesia dapat keluar merebut penghargaan kompetisi paling berkembang di Asia tersebut. “Mudah-mudahan PT LIB ataupun Indonesia menjadi juaranya, karena ini hanya tiga negara yang diundang dan apapun itu dengan segala kekurangan tadi kita coba berbangga hati,” tandas Berlinton.

Baca juga :  PB Lemkari Gelar Kejurnas Kwarnus Piala Anton Lesiangi di Bandung

Berlinton berjanji pihaknya akan perbaiki segala kekurangan yang terjadi saat ini dapat berharap kedepannya kompetisi sepakbola di Indonesia dapat berjalan lebih baik lagi. “Dan sekali lagi terima kasih buat semuanya, kami harus hargai ini, ternyata pihak luar yang menilai kami itu pengembangan kami cukup baik,” pungkas Berlinton.