LADI Nyatakan Atlet Asian Games Indonesia Bebas Doping

JAKARTA, Indotimes.co.id -Seluruh atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games XVIII/2018 diklaim bebas doping. Hal itu berdasarkan hasi tes yang dilakukan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) sebelum pelaksanaan pesta akbar olahraga se-Asia tersebut.

Ketua LADI, dr. Zaini Khadafi Saragih, mengatakan hal itu mengacu pada hasil random tes doping yang dilakukan ke 40 cabang olahraga, sejak dua bulan terakhir.

“Khusus untuk atlet kita, saat ini hasilnya bagus dan tak ada yang terindikasi doping,” kata Zaini Khadafi saat menghadiri Rapat Koordinasi Teknis “Kabarkan dan Sukseskan  Asian Gamed 2018” di The Belleza Suit Hotel, Jakarta, Jum’at (3/8).

Meski atlet Indonesia telah dinyatakan bersih dari penggunaan zat-zat terlarang, namun LADI akan terus memantau kondisi para atlet hingga berlangsungnya pesta olahraga empat tahunan bangsa-bangsa Asia itu.

Selain itu, LADI juga akan konsisten mensosialisasikan kampanye anti doping kepada atlet, pelatih dan ofisial dengan memberi edukasi langsung dan buku Anti Doping 2018. Buku tersebut berisi larangan dan informasi soal zat-zat terlarang.

Baca juga :  CdM Indonesia Cek Kesiapan Asian Games di Palembang

“Pertama kita lakukan dengan direct contact. Kita datang, ketemu dengan atlet, kita bicara dan ngobrol secara informal. Soalnya itu lebih efektif,” ungkap Zaini.

Tahapan kedua, menurut mantan dokter timnas PSSI itu dengan menerbitkan buku soal Anti Doping 2018. Buku itu telah didistribusikan ke seluruh cabor.

Buki ini menjelaskan tentang zat-zat yang dilarang. Selain zat juga ada sistem bagaimana yang harus dilakuan atlet jika dia sakit dan membutuhkan informasi terkait obat-obat yang tertulis.

LADI, kata Zaini hanya akan mendampingi semua cabang olahraga Indonesia hingga 10 Agustus 2018. Selepas itu, penanggulangan dan pemeriksaan doping atlet akan diserahkan World Anti-Doping Agency (WADA) kepada Komite Olimpiade Asia (OCA) hingga Asian Games 2018 usai pada 2 September 2018.

Zaini menambahkan, saat Asian Games 2018 berlangsung, LADI hanya akan berperan membantu saat pengambilan sample doping.

Baca juga :  Raja Sapta Oktohari Calon Tunggal Ketum KOI

“Yang berperan aktif sesuai hukum WADA adalah OCA. LADI tak boleh masuk selama Asian Games berlangsung dari 10 Agustus – 2 September. Tapi sebelum tanggal itu kami yang akan bekerja,” pungkas Zaini.