- Advertisement -

Liga 1 Bergulir Mulsi 1 Juli : Erick Thohir Ingatkan Klub Jangan Jor-Joran, Jika Nantinya Bangkrut

Liga 1 Bergulir Mulsi 1 Juli : Erick Thohir Ingatkan Klub Jangan Jor-Joran, Jika Nantinya Bangkrut
- Advertisement -

JAKARTA, Indotimes.co.id -llKetua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan peningkatan kualitas liga tidak sejalan dengan menuntut klub jor-joran mengeluarkan uang demi belanja dan kemudian malah membuat bangkrut.

Hal tersebut diungkapkan Erick,
dalam acara konferensi pers Liga 1 2023/2024 di Jakarta, Kamis (15/6).

Orang nomor satu di PSSI itu, menginginkan perbaikan ranking liga Indonesia yang kini berada di peringkat keenam di kawasan Asia Tenggara, agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.

- Advertisement -

Erick menegaskan PSSI ingin perbaikan, tetapi tak mau klub mati-matian mengeluarkan uang yang ujung-ujungnya malah membuat kerugian besar.

“Kita juga enggak mau menciptakan klub-klub jor-joran,spend uang, yang akhirnya banyak juga membangkrutkan klub, seperti banyak juga di liga-liga lain saya enggak mau. Karena yang namanya membangun sebuah fondasi itu harus ada yang namanya sustainability, keberlanjutan,” ujar Menteri BUMN itu.

Erick juga menghendaki perbaikan dilakukan setahap demi setahap dan bukan hanya berpatokan pada hasil laga.

“Kalau kita bicara mau level Asia Tenggara dari peringkat 6 ke 2 misalnya, tentu enggak ujug-ujug sekonyong-konyong langsung menaikkan target kita main di AFC, menang terus, enggak bisa. Fundamentalnya dulu,” ungkap Erick pula.

Hal yang dimaksud fundamental menurut Erick adalah kualitas standar bermain dan kondisi keuangan klub yang sehat. “Bagaimana kita bicara mau mengejar prestasi, tapi klubnya sakit, enggak mungkin. Kontinuitas yang lebih penting. Untuk klub itu bisa berjalan sehat dan menghasilkan juga level pertandingan yang baik sehingga liganya juga punya standar yang baik,” terang Erick.

Menurutnya, PSSI mendorong peningkatan kualitas liga pada musim ini, yaitu diantaranya dengan penerapan Video Assistant Referee (VAR), pelatihan untuk wasit, serta kebijakan penambahan pemain asing seperti arahan AFC yakni 5+1 atau lima pemain asing dan satu asal Asia.

Erick menambahkan, upaya itu tentunya
agar Liga 1 bisa naik kelas adalah kebutuhan primer demi skuad Merah Putih yang lebih baik lagi.

1 Juli Liga 1 Resmi Bergulir

Sementara PSSI dan PT LIB memutuskan Liga 1 2023/2024 mulai bergulir pada tanggal 1 Juli 2023 mendatang.

Berbeda dengan musim kompetisi Liga 1 sebelumnya, untuk.musim ini semua pertandingan hanya dimainkan di akhir pekan.

Liga 1 2023/2024 akan dimainkan di hari Jumat sampai Minggu. Semua pertandingan berlangsung sore dan petang.

Untuk sore, kick off akan mulai pukul 15.00 WIB. Lalu pertandingan petang dimulai pukul 17.00 WIB.

- Advertisement -
Exit mobile version