Luar Biasa, Tenis Indonesia Juara Umum SEA Games 2023 Kamboja

JAKARTA, Indotimes.co.id – Tim nasional tenis Indonesia tampil gemilang, sebagai juara umum pada cabang olahraga tenis pada SEA Games 2023 Kamboja, dengan merebut 4 medali emas, 2 medali perak dan 3 medali perunngu.

Muhammad Rifqi Fitriadi melengkapi torehan emas Indonesia setelah mempersembahkan medali emas nomor tunggal putra sekaligus menjadi penutup torehan manis perjuangan timnas tenis Indonesia pada laga final yang berlangsung di Stadion Nasional Morodok Techo Phnom Penh, Minggu (14/5).

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Sekjen PP Pelti) Hasbullah Tahir mengatakan hasil timnas tenis di SEA Games 2023 dengan perolehan empat medali emas, dua perak, dan tiga perunggu sudah melampaui target awal, yakni tiga emas.

Pencapaian itu, lanjut Tahir, merupakan hasil dari kerja keras dan persiapan jelang SEA Games perdana di Kamboja tersebut.

“Persiapan menuju SEA Games ini, kami dari Pelti memang sudah mempersiapkan hal ini dengan menyiapkan beberapa turnamen-turnamen menjelang SEA Games. Turnamen ini semua basisnya adalah internasional, ITF. Melihat atlet tampil semua ini luar biasa karena target tiga emas yang ditargetkan buat Pelti, kita bisa melampaui target yang ditetapkan,” ujar Hasbullah.

Sementara itu petenis putri andalan Indonesia Aldila Sutjiadi mengaku bersyukur dan bangga mereka bisa mempersembahkan prestasi terbaik bagi Indonesia pada SEA Games Kamboja kali ini. Aldila menambahkan, prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan bahkan meningkat lagi pada SEA Games mendatang.

“Indonesia kalau tidak salah sudah jadi juara umum ya, di tenis. Pastinya ini kemajuan sangat besar dari tahun lalu dan semoga kita bisa pertahankan di SEA Games berikutnya,” tandas Aldila.

Adapun capaian empat medali emas untuk timnas tenis Indonesia masing-masing diraih melalui, Priska Madelyn Nugroho pada nomor tunggal putri, Muhammad Rifqi Fitriadi pada tunggal putra, Aldila Sutjiadi /Christopher Rungkat pada ganda campuran, dan beregu putri (Aldila Sutjiadi, Beatrice Gumulya, Priska Madelyn Nugroho, dan Jessy Rompies).

Sementara dua medali perak masing-masing diraih Christopher Rungkat dan Nathan Anthony Barki pada nomor ganda putra, serta Aldila/Jessy Rompies pada ganda putri.

Sedang tiga perunggu masing-masing disumbangkan Beatrice Indonesia Gumulya/Fitriana Sabrina pada nomor ganda putri, David Agung Susanto/Beatrice Gumulya pada ganda campuran, dan beregu putra (Christopher Rungkat, David Agung Susanto, Muhammad Rifqi Fitriadi, dan Nathan Anthony Barki).