- Advertisement -

Marciano Norman Kembali Pimpin KONI Pusat

- Advertisement -

JAKARTA, Indotimes – Letjen TNI (Purn) Marciano Norman terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat masa bakti 2023-2027.

Terpilihnya Marciano Norman tak lama setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo secara resmi membuka Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) XIV KONI XIV Tahun 2023 di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (4/7).

Pada Musornas itu, Marciano hadir sebagai calon tunggal yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaring dan Penyaring (TPP). Seluruh KONI Provinsi yang berjumlah 38 memberikan dukungan agar Marciano melanjutkan ke periode berikutnya, dan 69 dari 72 induk cabang olahraga juga meminta hal yang sama. Seluruh dukungan yang diterima Marciano telah diverifikasi dan validasi.

- Advertisement -

Selain itu laporan pertanggungjawaban KONI Pusat masa bakti 2019-2023 yang disampaikannya diterima oleh peserta Musornas.

Dalam sambutannya, seusai terpilih kembali sebagai Ketua KONI Pusat, Marciano menyampaikan terima kasih atas seluruh pihak yang mendukung. Marciano bertekad akan bekerja maksimal guna mengejar program yang belum terealisasi akibat pandemi Covid-19.

“Dengan seluruh dukungan dari pemegang suara, baik dari KONI Provinsi, induk cabang olahraga maupun fungsional, saya akan mengoptimalkan kinerja saya untuk merangkul semua pihak, karena saya yakin kita harus bersatu untuk dapat berprestasi. Oleh karena itu, dalam Musornas ini tagline-nya adalah ‘Bersatu Berprestasi’,” jelas mantan Kepala BIN tersebut.

Pada kesempatan itu, Marciano juga menjelaskan program yang akan dijalani KONI Pusat, yaitu menghadapi Pekan Olahraga Nasional XXI/2024 Aceh – Sumatera Utara, dimana pihaknya akan segera mempersiapkannya dan berfokus bagaimana PON tersebut dapat berhasil dengan baik.

Marciano dan jajarannya juga telah merencanakan menambah kompetisi berkualitas bagi atlet melalui program terobosan, Pekan Olahraga Bela Diri, Pekan Olahraga Pantai, Pekan Olahraga Indoor dan Pekan Olahraga Remaja. Di sisi lain, KONI Pusat juga telah berkontribusi untuk pengembangan Sport Science melalui kerja sama dengan Universitas Indonesia, UGM dan perguruan t8inggi lainnya.

KONI Pusat telah melakukan langkah strategis dengan menggandeng lebih dari 1.000 UMKM lokal dalam Koperasi Indonesia Jaya Indonesia (KIOJI). Ke depan diharapkan agar kepengurusan selanjutnya melanjutkan program tersebut bersama KONI Provinsi dan Kabupaten/Kota.

- Advertisement -
Exit mobile version