JAKARTA, Indotimes.co.id – Cabang olahraga panahan termasuk di dalam 14 cabor unggulan yang dipersiapkan untuk meraih medali pada setiap Olimpiade. Karenanya Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani) selaku induk cabang olahraga panahan harus terus meningkatkan program pembinaan.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PB Perpani 2021 dan Sirkuit Nasional ke 1 melalui virtual dari SitRoom Kemenpora, Selasa (23/3) malam.

Menurut Zainudin, sejarah membuktikan bahwa medali pertama yang diperoleh oleh Kontingen Indonesia di Olimpiade diraih dari cabor panahan. Dia pun berharap dengan kepemimpinan dari Ketum Illiza Sa’aduddin Djamal, cabor panahan bisa bangkit kembali dan bisa menyumbangkan medali pada perhelatan Olimpiade.

“Pemerintah mendorong semua atlet yang sudah dikategorikan di dalam 14 cabor unggulan, termasuk cabor panahan untuk beberapa kategori tentu lebih memfokuskan dirinya dalam pembinaan, baik pembinaan usia dini, menengah sampai pembinaan atlet elite senior,” katanya.

Baca juga :  Gugun Sukses Rebut Sabuk Juara Kelas Bantam OnePride MMA

Politikus asal Partai Golkar itu melanjutkan, sirkuit nasional yang akan dilaksanakan ini adalah salah satu bagian pembinaan prestasi. Pasalnya, berlatih sekeras apapun tanpa ada kompetisi atau kejuaran, tentu tidak bisa mengukur seberapa besar prestasi dari para atlet binaan.

Oleh karena itu, pemerintah mengapresiasi PB Perpani yang telah menyiapkan Sirkuit Nasional ini, di mana akan menjadi salah satu alat ukur terhadap prestasi yang ada. “Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini akan menambah talenta-talenta yang akan direkrut menjadi atlet elite nasional dan akan memperkuat tim nasional,” tandas Zainudin.

Sementara itu, Ketua Umum PB Perpani, Illiza Sa’aduddin Djamal mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang telah memberikan dukungan kepada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PB Perpani.

“Kami mengucapakan terimakasih kepada Menpora yang selalu mendukung kami, sehingga kami memiliki semangat yang luar biasa untuk membangun cabor panahan. Semoga dari kejurnas ini akan melahirkan atlet-atlet berkualitas, atlet-atlet berprestasi yang bisa mengharumkan nama Indonesia,” ucapnya.

Baca juga :  PB Ferkushi Pimpinan Krisna Bayu Sah Secara Hukum

Illiza pun berharap, dari rakernas ini bisa terbangun iklim kondusif dengan semangat konstruktif untuk menata organisasi Perpani sehingga akan lahir karya-karya besar untuk bangsa dengan melahirkan atlet-atlet terbaik yang akan mengharumkan nama bangsa dalam kancah kompetisi internasional di SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.