Matangkan Persiapan, KOI Tunjuk CdM untuk Tiga Ajang Multi Event

JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari secara resmi menunjuk tiga Chef de Mission (CdM) untuk tiga multi event yang akan berlangsung pada tahun 2023. Ketiga komandan kontingen ini masing akan bertugas pada ajang SEA Games, Asian Games, hingga Asian Indoor and Martial Art Games pada tahun ini.

Ketiga pimpinan kontingen itu adalah Lexyndo Hakim sebagai CdM Games 2023 Kamboja, kemudian Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PU PR) Basuki Hadimuljono sebagai CdM untuk Asian Games Hangzhou 2023, serta Maruli Simanjuntak sebagai pimpinan kontingan Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG). Penetapan ketiga CdM dilakukan di Kantor KOI,di Plaza FX Sudirman, Jakarta, Selasa (14/2).

Menurut Raja Sapta Oktohari dari empat kegiatan multi event yang akan berlangsung pada 2023, baru tiga ajang yang telah ditunjuk CdM nya, sementara untuk ajang ANOC World Beach Games (AWBG) 2023, CdM nya akan menyusul dalam waktu dekat ini.

Untuk ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 nanti akan ada pengumuman selanjutnya. Surprise,” kata Okto sapaan akrab Raja Sapta Oktohari dalam sambutannya.

Okto menjelaskan alasan penunjukan ketiga CdM ini, karena mereka memang sosok yang terbaik sesuai dengan tigas yang diembanngya nanti. “ Alasan kami memilih ketiganya karena inilah tiga sosok terbaik di tempat yang sesuai,” ujarnya.

Selain itu penunjukan ini sekaligus untuk lebih mematangkan persiapan yang telah dilakukan. Tentunya diharapkan kontingan Indonesia mampu meraih prestasi terbaik dlama moment olahraga multi event tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy yang hadir dalama acara peentapan Cd Mini, mengatakan ketiga CdM yang ditunjuk memang telah teruji kemampuannya, sehingga ia meyakini di tangan ketiga sosok tersebut Indonesia mampu berhasil di multiajang olahraga baik Asia Tenggara hingga Asia.
“Selamat kepada Pak Bas (Basuki Hadimuljono), Pak Maruli, dan Mas Lexyndo, dan jajaran KOI,” ujar Muhadjir dalam sambutannya.

SEA Games Kamboja akan dimulai pada 5-17 Mei, ANOC World Beach Games 2023 di Bali pada 13-15 Agustus, Asian Games 2022 Hangzhou pada 23 September sampai 8 Oktober, Asian Indoor & martial Art Games (AIMAG) di Bangkok dan Chonburi pada 17-26 November.

Sebelumnya Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari mengatakan Indonesia dalam kondisi dirugikan di SEA Games 2023 Kamboja, setelah banyak cabor tak dipertandingkan, serta keikutsertaan nomor pertandingan tiap negara yang dibatasi tuan rumah.

Kendati demikian, lanjut Okto situasi tersebut diharapkan tak menyurutkan motivasi para atlet Indoensia dalam merebut emas sebanyak mungkin di multievent dua tahunan, yang akan digelar pada Mei mendatang. Karenanya Okti meminta kepada para atlet untuk mengumandangkan lebih banyak lagu Indonesia Raya di Kamboja nanti.