JAKARTA, Indotimes.co.id – Petenis tuan rumah, Tegar Abdi Satrio Wibowo (19) sukses melewati adangan pertama MedcoEnergi International Tennis Championships, Rabu (26/10).

Pada laga pembuka turnamen ITF Men’s World Tennis Tour itu, penerima wild card itu mengungguli Matthew Woerndle dari Australia. Tegar menang rubber set atas petenis kualifikasi itu 5-7 6-3 6-1.

“Ini di luar ekspektasi, makanya kalah di set pertama karena malah grogi ketika dalam posisi unggul. Masih gak yakin kalo bisa menang,” ucap Tegar usai laga di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Di babak kedua ajang berhadiah total 25.000 dollar AS atau sekitar Rp 400 juta ini, arek Kediri (Jawa Timur) ini akan menantang unggulan kedua, Konstantin Kravchuk dari Rusia.

“Semangat saja, semoga bisa mendapat hasil terbaik,” tekad petenis yang akhirnya mampu mengoleksi poin peringkat internasional perdana.

Pekan depan, nama Tegar bakal bertengger dalam daftar peringkat tunggal dunia versi ATP.

Sementara itu andalan Merah Putih, Muhammad Rifqi Fitriadi (23) bakal meladeni petenis Perancis, Arthur Weber yang secara mengejutkan bisa menyingkirkan unggulan teratas, Nam Hoang Ly (Vietnam) di babak pertama. Weber menang straight set 6-1 6-4.

“Optimistis, bisa melewati babak kedua. Pokoknya, tetap semangat memberikan hasil terbaik,” ucap petenis kelahiran Kalsel itu.

Pada sektor ganda, Indonesia menggantungkan asa di pundak pasangan Nathan Anthony Barki/Christopher Rungkat. Duet unggulan keempat itu menang di babak perdana atas Krittin Koaykul/Jirat Navasirisombon (Thailand), 7-6(2) 7-6(4)

“Laga pertama selalu tak mudah. Namun kami yakin bisa melangkah lebih jauh setelah berhasil melewati fase itu,” tutur Christo (32) usai laga.

Di perempat final, Nathan/Christo akan berjibaku kembali dengan lawan yang berasal dari Negeri Gajah Putih, Kasidit Samrej dan Yutanna Charoenpon, Kamis (27/10).