JAKARTA, Indotimes.co.id – Peran media dalam hal ini wartawan dalam mendukung dan mengawasi dunia olahraga Indonesia sangatlah besar. Melalui media, berbagai program olahraga yang tengah diusung pemerintah bisa tersosialisasi secara maksimal kepada masyarakat.

Hal ini juga diharapkan dapat terwujud untuk program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat ini, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Lewat berita yang dihasilkan media di seluruh Indonesia, setiap komponen yang terkandung dalam DBON bisa dipahami oleh masyarakat.

“Kami ingin membuat DBON integral dengan Siwo PWI pusat dan daerah. Pemerintah butuh wartawan dan media di daerah,” jelas Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora Mahfudin Nigara saat webinar nasional hybird DBON 2021 di Sanur, Bali, Selasa (30/11).

Menurut Nigara selain berperan untuk menjadi saluran sosialisasi, wartawan juga harus bisa meningkatkan nilai tawar diri dan daerah. Seperti contohnya Bali, yang punya potensi besar di dunia olahraga.

Baca juga :  Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) Akan Melakukan Tes Doping Ke Seluruh Pelatnas

“Potensi Bali untuk menjadi tambang atlet sangat besar. Teman-taman wartawan harus bisa meyakinkan lewat tulisan, kalau Bali bisa menjadi tambang atlet. Kenapa Bali belum pernah jadi tuan rumah PON? Harus ditunjukkan kelebihan Bali agar nilai tawarnya meningkat,” lanjut Nigara yang juga menjabat sebagai penasihat PWI Pusat.

Nigara pun berharap, Siwo PWI bisa maksimal memberikan dukungan dengan menjadi partner baik bagi Kemenpora maupun DPR Komisi X. “Yakinkan Kemenpora dan DPR kalau media adalah partner. Dengan posisi seperti itu, maka nilai tawar media menjadi tinggi. Kita harus bisa meyakinkan orang yang akan kita ajak kerja sama,” tambah pria yang juga dikenal sebagai komentator olahraga tinju ini.

Dibuka Ketua PWI Pusat

Webinar Nasional Hybird Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021, di Grand Inna Sanur, Bali., Selasa (30/11), dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari.

Baca juga :  Tundukan Petenis China, Nadya Juara Amman International Junior Championships 2019

”DBON adalah karya besar mengangkat untuk harkat dan martabat bangsa Indonesia yang diprakarsai Kemenpora. Demi tujuan mulia tersebut, wartawan olahraga memiliki tanggung jawab untuk menggemakan dan mensosialisasikan DBON 2021,” kata Atal.

Menurut Atal, dalam diri wartawan olahraga melekat menjadi salah satu bagian pembina olahraga. “Faktor ini menjadikan wartawan punya tanggung jawab ikut berperan terhadap prestasi olahraga. Saya mengharapkan wartawan ikut terus menggemakan DBON ini demi pencapaian target Indonesia Emas di tahun 2045,” tandasnya.

Hadir di acara pembukaan Webinar Nasional Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021 kerja sama Siwo PWI Pusat dan Kemenpora antara lain, Deputi IV Kemenpora Drs. Chandra Bhakti, Staf Khusus Pengembangan dan Prestasi Kemenpora M. Nigara, Asisten Pemerintah Sekda Bali, Ketua KONI Bali dan Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa.