JAKARTA, Indotimes.co.id – Keberhasilan Grand Master Wanita-Master Internasional (GMW-MI) Medina Warda Aulia lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia Catur 2023 membuat pecatur putri andalan Indonesia itu otomatis mendapat slot mengikuti turnamen bergengsi FIDE Grand Swiss 2023. 

FIDE telah mengumumkan dan mengundang secara resmi Medina untuk menjadi salah satu peserta turnamen FIDE Grand Swiss yang akan berlangsung mulai 25 Oktober hingga 5 November 2023 mendatang di Isle of Man. 

“Sebagaimana pengumuman yang kami sampaikan sebelum Piala Dunia Catur 2023, kami akan mengundang ke Isle of Man hingga dua pemain dari mereka yang mencapai perdelapan final (16 besar) dan belum lolos,” demikian bunyi pengumuman resmi yang disampaikan FIDE. 

“Kami menanti Medina beraksi lagi di Turnamen FIDE Grand Swiss pada Oktober mendatang,” tulis pengumuman tersebut yang dibagikan Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem kepada media, Selasa (8/8/2023).

Kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur 2024
Turnamen FIDE Grand Swiss merupakan salah satu dari rangkaian turnamen yang menjadi ajang kualifikasi menuju Kejuaraan Dunia Catur 2024. 

Total ada 114 pecatur yang akan bertarung dalam FIDE Grand Swiss 2023 yang mempertandingkan catur standar selama 11 babak. 

Sebagai turnamen kualifikasi menuju Kejuaraan Dunia Catur, FIDE bersama Panitia Penyelenggara telah menetapkan regulasi terkait 114  peserta yang bisa mengikuti Turnamen FIDE Grand Swiss 2023. 

Rinciannya, 100 peserta yang dinilai berdasarkan rating. Mereka adalah 100 pecatur teratas dalam daftar rating FIDE per Juni 2023. 

Kemudian Juara Dunia Catur Putri terhitung sejak 31 Desember 2022 yaitu Ju Wenjun (China). 

Ditambah 4 pecatur yang lolos dari jalur kebijakan kontinental yang masing-masing dinominasikan oleh Presiden FIDE Kontinental dimana sang pecatur bernaung.
Lalu 4 pecatur yang dinominasikan oleh Presiden FIDE (termasuk 3 pecatur yang berhasil mencapai 16 Besar Piala Dunia Catur). Dan 5 pecatur yang dinominasikan oleh Panitia Penyelenggara. 

Juara dan runner up Turnamen FIDE Grand Swiss berhak lolos ke Turnamen Kandidat 2024 (the Candidates Tournament 2024).

Pecatur yang berhasil menjadi juara Turnamen Kandidat 2024 otomatis maju sebagai penantang Juara Dunia.