JAKARTA, Indotimes.co.id – Pecatur putri andalan Indonesia WGM Medina Warda Aulia tinggal selangkah lagi memenangkan Duel Match JAPFA Chess Festival 2018. Medina hanya membutuhkan hasil remis pada pertandingan babak keempat, Jumat (16/11) ini untuk memastikan menjadi kampuim di turnamen internasional ini.

Hasil itu dicapai setelah Medina memenangkan pertandingan babak ketiga atas pecatur Filipina WGM Janelle Mae Frayna, di Wisma Kemenpora Senayan Jakarta, Kamis (15/11).

Hingga babak ketiga dari lima babak yang dipertandingkan, Medina unggul 2 ½ – ½ Victory Point (VC) atas Janelle. Tambahan ½ VP pada babak keempat nanti, sudah pasti membawa pecatur Jawa Barat menjadi pemenang.

Pada babak ketiga, Medina tampil meyakinkan setelah menggulingkan raja hitam pecatur Filipina itu pada langkah ke-30. Atas kemenangan itu Medina mengumpulkan 2 ½ VP dan memimpin Duel Match JAPFA Chess Festival.

Baca juga :  Piala Dunia Berakhir, Menpora Minta Euphoria Masyarakat kini Dukung Asian Games 2018

Medina tampil lebih tenang menjalankan buah putih di papan 64 petak, pembukaan carokhan. Dilangkah ke-20 serangan Medina dari tengah cukup menggebrak pertahanan lawan. Mendapat gempuran bertubi-tubi, membuat pertahanan Janelle kedodoran.

Mengetahui lawan memiliki langkah lebih unggul, Medina mengorbankan pion . Strategi ini cukup jitu dimulai dari langkah ke 21. Tampaknya Janelle tidak sadar posisinya terus mengalami penurunan dengan umpan tiga pion yang diberikan Medina.

“Memberikan umpan tiga pion itulah membuat permainan buah putih saya meningkat menjebak pertahanan lawan. Hal itu yang membuat Janelle akhirnya menyerah di langkah ke 30,”jelas Medina, seusai pertandingan.

Medina menambahkan, meski posisinya sudah diatas angin keluar sebagai pemenang dengan mengantongi angka 2, ½ VP tidak membuatnya puas diri. Dia akan bermain amam dalam pertandingan babak keempat dan kelima.

“Dalam pertandingan babak keempat dan babak kelima yang penting saya tidak boleh kalah. Bermain remis saja sudah memberikan keuntungan bagi saya dalam pengumpulan nilai akhir,” pungkas Medina.