, Indotimes.co.id – Menteri dan Olahraga () Zainudin Amali mengucapkan selamat dan bangga atas capaian Lifter Indonesia . Rahmat mempersembakan medali angkat besi di kelas 73kg putra SEA Games 2021 Vietnam, sekaligus memecahkan rekor atas namanya sendiri yang dia buat di SEA Games sebelumnya di Filipina .

Turun di nomor 73 kilogram, Rahmat Erwin berhasil meraih posisi terbaik setelah mencatat total angkatan 345 kilogram. Dengan rincian 155kg snatch dan 190kg clean and jerk, dalam lomba yang berlangsung di Hanoi Sports Training and Competition Center, Sabtu (21/5) pagi.

Rahmat jauh unggul dari lifter lainnya. Medali perak diraih atlet Thailand, Anucha Doungci (321kg) dan perunggu jadu milik atlet , Muhammad Erry Hidayat (316kg).

Torehan pretasi putra dari mantan lifter nasional Erwin Abdullah membaut bangga Menpora Zainudin Amali yang menyaksikan langsung saat Rahmat pertandingan. Menurut Menpora, sejak meninjau pelatnas angkat besi beberapa waktu lalu, dirinyasudah punya keyakinan kalau Rahmat akan sukses di SEA Games 2021 Vietnam, apalagi dia sudah bermain di .

“Saya bangga sekali apalagi dia hari ini bisa memcahkan rekor SEA Games, bahkan mencoba pecahkan rekor dunia. Saat mengalungkan medali tadi saya berpesan bahwa, perjalanan kamu (Rahmat) masih panjang, jadikan ini untuk menuju kualifikasi Olimpiade 2024 Paris,” tandas Menpora.

Pasa pertandingan tersebut , Rahmat memulai angkatan snatch dengan beban 142kg, kemudian ditambah menjadi 150kg pada angkatan kedua. Ini menjadi rekor baru SEA Games.

Tak puas dengan pemecahan rekor ini, pria kelahiran Makassar ini menambah lima kilogram atau 155kg pada angkatan ketiga. Dengan mudah Rahmat menyelesaikan misanya.

Saat giliran clean and jerk, Rahmat sempat mendaftarkan angkatan pembuka 170kg, tetapi kemudian direvisi menjadi 180kg. Ini menjadi psywar dari Indonesia ke kontestan lainnya.

Lifter kelahiran 2000 ini dengan mudah menyelesaikan tugasnya. Ini mempertajam rekor miliknya di SEA Games sebelumnya, yaitu 177kg.

Namun angkatan 180kg Rahmat disamai atlet Thailand, Anucha Doungsri. Karenanya pada angkatan kedua Rahmat menambah angkatan menjadi 190.

Dengan demikian, peraih perunggu Olimpiade 2020 itu juga berhasil mencetak rekor baru di SEA Games edisi ke-31. Rekor sebelumnya juga tercipta atas nama Rahmat Erwin.

Sebelumnya, Rahmat Erwin berhasil mengukir rekor kelas 73kg dengan torehan, 145kg snatch dan 177kg clean and jerk. Rekor ini tercipta dalam SEA Games 2019 Filipina.