JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali betharap Timnas Basket Indonesia tampil maksimal dan selalu meraih kemenangan di ajang FIBA Asia Cup 2022, yang akan berlangsung di Istora, Senayan, Jakarta 12 -24 Juli 2022 mendatang. Hasil ini diperlukan agar ‘Tim Merah Putih’ bisa tampil di Piala Dunia Basket 2023 (FIBA World Cup 2023) mendatang.

Pada FIBA Asia Cup 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan Australia. Untuk bisa meraih tiket ke FIBA Basketball World Cup 2023, Timnas Indonesia minimal harus masuk babak delapan besar.

Menurutnya ini bukan pekerjaan mudah, tetapi bukan mustahil. Di atas kertas hanya Australia yang sulit dikalahkan. Dua lainnya, Arab Saudi dan Yordania ada potensi untuk dikalahkan di ajang bola basket bergengsi di Asia tersebut.

“Pesan saya sederhana, mereka harus menang. Kalau tidak menang tidak main di World Cup. Kita hanya sebagai penyelenggara dan akan menyedihkan,” kata Menpora seusai menerima kunjungan Pengurus PB Perbasi dan Panpel FIBA Asia 2022, di Kantor Kemenpora, Kamis (23/6).

“Saya diberi keyakinan kita akan berusaha semaksimal mungkin, dengan ukuran yang ada. Apalagi di Australia dari delapan game, menang lima. Klub yang dilawan itu divisi satu liga bola basket Australia,” tandasnya.

Saat ini Timnas Basket sedang melakukan pemusatan latihan di Australia. Sejauh ini tim asuhan Milos Pejic ini telah melakoni delapan pertandingan uji coba, yang lima di antaranya menang.

Kemenangan ini dirasa sebagai cerminan kekuatan Timnas Basket Indonesia karena yang dilawan adalah klub-klub peserta kompetisi level teratas Australia, National Basket League 2022/2023.

Timnas Basket Indonesia dijadwalkan menjalani satu pertandingan uji coba lagi sebelum pulang ke Tanah Air. Setelah itu tim peraih medali emas SEA Games 2021 (2022) Vietnam, ini akan melawan Arab Saudi (1/7) dan Yordania (4/7).

Sementara itu Ketua Panpel FIBA Asia 2022, Junas Miradiarsyah menyebut persiapan FIBA Asia Cup 2022 sudah hampir rampung. FIBA Asia Cup 2022 akan berlangsung di Istora, Senayan, Jakarta mulai 12 Juli 2022.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali menerima audensi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia ( PB Perbasi) Danny Kosasih, bersama Sekjen PB Perbasi Nirmala Dewi serta Ketua Panpel FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah. Ketiganya melaporkan kesiapan timnas basket Indonesia dan kejuaraan FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta.