SOLO, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora ) Zainudin Amali secara resmi membuka turnamen Pra Musim Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. , Sabtu (21/6).

Dihadapan ribuan penonton, Menpora menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi ) yang tidak bisa hadir pada acara pembukaan.

“Kepada seluruh penonton, saya menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo yang tidak bisa hadir sore ini, karena ada kegiatan bersamaan yang sudah terjadwal sebelumnya, maka beliau menugaskan saya mewakili Bapak Presiden untuk membuka,” kata Menpora, dalam sambutannya .

Lebih lanjut Menpora mengatakan, turnamen Piala Presiden akhirnya bisa bergulir lagi dan dihadiri oleh penonton, meskipun baru 75 persen. Kehadiran penonton kali ini diharapkan bisa menjadi model atau contoh terhadap penyelenggaraan Liga 1, Liga 2 dan seterusnya.

“Alhamdulilah turnamen Pra Musim Piala Presiden tahun ini bisa kembali dihadiri penonton meski baru 75 persen. Di tengah kondisi yang masih pandemi ini, Presiden menyampaikan salam agar seluruh penonton untuk disiplin menjaga protokol kesehatan. Karena kesuksesan Piala Presiden ini nanti akan menjadi contoh untuk penyelenggaraan kompetisi Liga 1 tahun 2022-2023,” tandas Menpora .

Sementara itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Menpora yang terus mendukung sepak bola Indonesia dengan bisa diselenggarakanya Piala Presiden tahun 2022. 

“Dukungan penuh terus diberikan Menpora Amali untuk sepakbola Indonesia, atas dukungan beliau alhamdulilah Piala Presiden tahun ini bisa digelar dengan penonton yang menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut..

Ribuan masyarakat Kota Solo dan sekitarnya  memadati Stadion Manahan Solo, sekitar 15 Ribu penonton hadir menyaksikan langsung laga pembuka turnamen Piala Presiden 2022, antara tim kebanggaan mereka Persis Solo menghadapi PSS Sleman.

Stadion yang berkapasitas 20 penonton tampak tumpak ruah , meski pertandingan berkesudahan imbang tanpa gol, alias 0-0.

Turnamen Piala Presiden 2022 berlangsung 11 Juni hingga 17 Juli ,berlangsung di empat kota, yaitu Solo, Samarinda, Bandung, dan Malang .

Grup A berlangsung Solo di gelar di Sadion Manahan, diikuti : Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman.

Grup B di Stadion Segiri Samarinda diikuti : Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, Madura United.

Grup C di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, diikuti : Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya.

Sementara Grup D di Stadion
Kanjuruhan Malang, diikuti : Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri.