Menpora Dito Ariotedjo : Persiapan Piala Dunia Basket 2023 Capai 97 Persen

JAKARTA, Indotimes,co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan persiapan fisik penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia sudah mencapai 97 persen. Ada beberapa catatan kecil yang memang harus mendapatkan perhatian misalnya hal teknis ataupun administrasi.

Hal itu disampaikan Menpora seusai memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 di Auditorium Wisma Kemenpora,Senayan, Jakarta, Senin (10/4).Rakor yang diikuti sejumlah perwakilan ementerian/lembaga dan stakeholder terkait, membahas persiapan jelang kejuaran dunia bola basket paling bergengsi yang akan berlangsung 25 Agustus-10 September mendatang.

“Hari ini kita lakukan rapat koordinasi kementerian/lembaga sebagai persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Basket pada Agustus mendatang. Saya sudah dengar langsung tadi dan saya rasa persiapan fisik sudah 97 persen,” kata Menpora.

Menpora optimis Indonesia akan sukses sebagai tuan rumah pelaksanaan event ini. Hal tersebut diutarakan mengingat Indonesia sebelumnya sukses dalam hal penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022.

“Jadi catatannya tadi ya tinggal dikit-dikit lagi saja. Ada hal yang harus dipersiapkan dan dikoordinasi misalnya mengenai visa dan lainnya. Saya rasa untuk pelaksanaan Piala Dunia Basket nanti bisa berjalan lancar. Perbasi punya pengalaman dalam event FIBA Asia, jadi saya rasa ini sudah terbiasa lah,” ujar menteri yang baru berusia 32 tahun ini.

Lebih lanjut, Menpora berharap jajaran lintas kementerian/lembaga dan stakeholder terkait bisa terus mengedepankan kolaborasi demi kesuksesan Piala Dunia Basket 2023. Segala hal yang dipersiapan, disebut Menpora Dito akan disesuaikan dengan standar yang ada.

“Saya harap ini Piala Dunia Basket bisa terselenggara dengan aman dan nyaman. Ini adalah event internasional, saya minta semua dipastikan segala persiapannya, detilnya juga. Kita ingin kolaborasi dan dan kerjasama terus dilakukan dengan baik,” tandasnya.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia Basket 2023, bersama Filipina dan Jepang. Indonesia akan menggelar babak penyisiahn untuk dua grup (delapan negara peserta) yang berlangsung di Stadion Indoor Multifungsi GBK Senayan Jakarta, yang pembangunannya rampung pada Juni mendatang.

Piala Dunia Basket 2023 akan diikuti 32 negara peserta, dimana undian pembagian grup baru akan dilaksanakan pada 29 April mendatang di Manila, Filipina.