JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membuka Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tahun 2023 di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Selasa (4/7) pagi

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Menpora yang didampingi Ketua Umum KONI Marciano Norman, dan Ketua DPD RI, Lanyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam sambutannya
Menpora menyampaikan apresiasi Kepengurusan KONI 2019 – 2023. “Di bawah pimpinan Bapak Marciano Norman beserta jajaran pengurus, secara organisasi, KONI menjadi organisasi olahraga Indonesia dengan manajemen yang top. Hal ini dibuktikan dengan prestasi diraihnya Sertifikat SNI ISO 9001:2015 – Quality Management System pada 30 Juni 2023,” ujar Menppra.

Menteri yang baru berusia 32 tahun ini berharap hasil musyawarah ini nantinya terkait arah pembinaan prestasi olahraga Indonesia di masa depan yang lebih terarah dan terencana.

“Salah satu Agenda kegiatan KONI dan merupakan ajang kompetisi olahraga multievent terbesar Indonesia yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) dimana untuk pada 2024 akan dilaksanakan di Sumut dan Nanggroe Aceh Darussalam,” tambahnya.

Menurut Menpora, PON sebagai salah satu kegiatan akbar olahraga nasional bukan hanya sekedar kegiatan sepekan olahraga, bukan sekedar ajang adu gengsi daerah, namun sebaliknya. “Harus menjadi wadah pemersatu bangsa. PON menjadi pesta akbar yang menjadi simbol lahirnya kejayaan olahraga prestasi di Indonesia,” katanya.

Selain itu, Menpora juga mengatakan Kementeriannya juga mendorong KONI dalam pengembangan inovasi keolahragaan KONI dalam berbagai aspek seperti Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism. “Kami di Kemenpora siap untuk berkolaborasi, bersama-sama mari kita tingkatkan prestasi olahraga Indonesia semakin mendunia,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KONI Pusat Marciano Norman mengatakan, KONI akan bekerja total untuk mencapai apa yang di cita-citakan bangsa Indonesia untuk mencapai prestasi di tingkat internasional.

“Saya yakin perhatian yang begitu besar Kemenpora beserta jajarannya kepada Koni Pusat mencapai hasil yang positif dan kolaborasi antara Kemenpora, KOI dan Koni Pusat menjadi pendukung dan menjadi tulang punggung bagi upaya prestasi olahraga Indonesia,” tandasnya.