JAKARTA, Indotimes.co.id — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali  menghimbau agar para suporter sepak bola memberikan dukungan tim kesayangan mereka dari rumah dengan menyaksikan pertandingan Liga 1 2021 melalui siaran langsung (live) di televisi.

“Suporter bisa saksikan melalui siaran televisi, live streaming, nonton di rumah saja. Saya optimistis suporter kita akan patuh, bisa bekerja sama,” ujar  Menpora dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/8) petang.

Zainudin yakin ajakan itu akan disambut baik oleh suporter. Dirinya meyakini suporter akan patuh dengan himbauan untuk tidak memberikan dukungan secara langsung kepada tim kebanggaan mereka di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya Pemerintah mendukung digelarnya Kompetisi  Liga 1 dan Liga 2, karenanya  meminta masyarakat untuk berikan dukungan sekaligus komitmen menjaga situasi bisa berjalan dengan baik, agar   kompetisi berlangsung lancar dan masyarakat bisa mendapatkan tontonan yang menarik.

Baca juga :  Indonesia Kembali Raih 4 Emas Renang SEA Age Group

Keyakinan Menpora itu didasari komitmen suporter untuk mendukung berlangsungnya gelaran Liga 1 yang direncanakan berlangsung pada 27 Agustus ini. Kesan itu didapat usai berdialog dengan pemilik klub dan suporter 18 klub peserta secara virtual pada Selasa (24/8) siang.

“Semua menyatakan komitmen, tidak ada satu pun yang tidak komit. Semua akan menjaga itu,” ungkap menteri asal Gorontalo itu.

Zainudin juga menjelaskan, pertemuan yang dilakukan bersama pemilik klub dan pimpinan suporter berjalan sangat kondusif dan semua antusias untuk mengamankan kompetisi. Terlebih, Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat secara resmi menerbitkan izin Liga 1 2021 menyampaikan bahwa pasti akan mengawal dan memantau kompetisi.

Karenanya, tegas Menpora meskipun  izin terbaru yang secara resmi dikeluarkan Polri pada Senin (23/8) ditujukan selama satu musim kompetisi. Namun saat ini baru tiga pertandingan pembuka yang sudah terjadwal dengan pasti.

Baca juga :  Kompetisi IBL Siap Digulirkan, Polri Segera Terbitkan Izin

Dari tiga laga itu pihak kepolisian maupun Satgas Covid-19 akan mengevaluasi lebih dulu penerapan protokol kesehatan untuk memastikan Liga 1 terlaksana dengan aman. Langkah ini  diperlukan,  supaya pertandingan bisa berlanjut pada pekan berikutnya, begitu pula selanjutnya.

Zainudin menambahkan, dalam pertemuan dengan Kapolri, sempat ditanyakan soal suporter. Untuk itu, dirinya bersama  Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan komunikasi secara virtual dengan suporter. Tentunya para suporter memiliki komitmen mendukung kelancaran kompetisi

“Ini komitmen dan tanggung jawab masing-masing. Para pemain pasti juga  komit apa yang dilakukan. Akan ada tanda tangan pakta integritas, LIB dengan klub, klub dan pemain. Ini semua menjadi pegangan. Kalau melanggar dia sendiri yang rasakan akibatnya,” tegas Zainudin.