JAKARTA, Indotimes.co.id- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap atlet panjat tebing Indonesia mampu mengukir prestasi di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Pemerintah siap mendukung pemusatan latihan nasional (Pelatnas) jangka panjang guna persiapan ke olimpiade.

Hal tersebut disampaikan Menpora saat menerima kehadiran dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin yang didampingi Ketua Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) Yenny Wahid di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Senin (6/6).

Kedua atlet panjat tebing Indonesia tersebut sukses mengharumkan Indonesia pada kejuaraan panjat tebing dunia dalam ajang World Cup International Sport Climbing (IFSC) di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, 20-22 Mei dan 27-29 Mei 2022.

Menpora mengapresiasi prestasi Veddriq dan Katibin yang sudah tampil.luar biasa di ajang dunia. Menpora pun berharap keduanya mampu meraih medali Olimpiade Paris 2024.

“Untuk Olimpiade Paris 2024, ini adalah yang kami proyeksikan, tentu kami berharap dapat medali emas bisa didapatkan dari panjat tebing karena kami punya juara dunia-nya untuk itu kami persiapkan bentul,” kata Menpora.

Menpora menambahkan pihaknya akan membantu FPTI menyiapkan Pelatnas (TC) jangka panjang. “Mereka akan kami adakan TC jangka panjang. Jadi kami serius untuk persiapkan ini karena mereka sudah menjadi aset nasional, aset bangsa dan tentu sudah menjadi juara dunia,” ujar menteri asal Gorontalo itu.

“Pesan saya mereka harus mengingat itu dan menjaga supaya prestasinya tetap terjaga dan terkontrol sampai dengan Olimpiade paris 2024,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PP FPTI Yenny Wahid mengucapkan terima kasih kepada Menpora Zainudin Amaliatas fasilitas dan perhatian yang diberikan kepada atlet panjat tebing Indonesia.

Seperti diketahui, panjat tebing masuk dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang ditargetkan tampil di Olimpiade.“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menpora atas dukungan yang telah diberikan selama ini kepada cabang olahraga panjat tebing sehingga atlet kami lebih maksimal dalam mencapai prestasi,” kata Yenny.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian dari Bapak Menpora beserta jajarannya dalam memfasilitasi cabor panjat tebing,” tandas Yenny.

Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin sukses meraih medali emas pada nomor speed putra pada ajang World Cup International Sport Climbing (IFSC) di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, 20-22 Mei dan 27-29 Mei 2022.

Sebelumnya, Veddriq juga berhasil meraih medali emas pada Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan, pada awal Mei lalu. Pada ajang ini, Kiromal Katibin berhasil mempertajam rekor dunia speed putra dengan mencatatkan waktu 5,10 detik pada babak kualifikasi.

Ini merupakan kali kedua Kiromal Katibin mempertajam rekor dunia dalam satu tahun terakhir. Sebelumnya dia memecahkan rekor dunia saat tampil pada ajang yang sama di Salt Lake City, 28 Mei 2021, dengan catatan 5,25 detik. Kiromal Katibin kembali mempertajam rekor tersebut berkat catatan waktu 5,17 detik ketika tampil di Seoul, Korea Selatan, pada 6 Mei 2022.