Menpora Ingin PSSI dan Pemerintah Ciptakan Kolaborasi yang Baik Demi Sepak Bola Indonesia

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan sudah seharusnya federasi dalam hal ini PSSI dan pemerintah bekerjasama dengan baik dan sejalan demi mewujudkan sepak bola nasional yang baik, bersih, maju dan berprestasi.

“Saya kira itulah seharusnya federasi dengan pemerintah itu bisa bekerjasama. Kalau federasi dengan pemerintah tidak sejalan ini akan sulit dan semakin jauh terwujud,” kata Menpora saat jumpa pers di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Minggu (19/2).

Menpora kembali menegaskan dukungan dari pemerintah untuk mewujudkan ekosistem persepakbolaan nasional yang semakin bersih dan berprestasi di masa depan.

“Apa yang sudah diprogramkan oleh Ketum PSSI beserta pengurusnya, saya jamin pemerintah akan mendukung dan memfasilitasi itu,” ujar Menpora.

“Terkait penggunaan VAR (Video Assistant Referee) nanti tidak kita bagi menjadi tugas siapa di pemerintah, kemudian upgrade tentang wasit mendidik mereka kembali dan sebagainya, pemerintah juga akan memfasilitasi itu,” jelasnya.
Menpora menambahkan dengan berjalan searah maka cita-cita mewujudkan sepak bola yang bersih dari mafia bola akan tercipta semakin lancar dimasa depan.

“Jadi, selama pemerintah dan PSSI bergandengan tangan insha Allah akan lancar, tetapi begitu pemerintah dan PSSI satu ke kanan satu ke kiri itu tidak akan lancar, saya pastikan itu,” paparnya.

Pemeritah Indonesia lanjutnya, berharap agar kepengurusan PSSI dibawah Erick Thohir mampu menciptakan ekosistem sepak bola yang baik. Pemerintah siap bekerjasama dan memberikan fasilitasi.

“Pemerintah menaruh harapan besar terhadap kepengurusan PSSI yang dipimpin Pak Erick Thohir dan pemerintah siap bekerjasama serta pemerintah memberikan dukungan dan fasilitasi sepenuhnya sepanjang apa yang dibutuhkan oleh federasi,” jelas Menpora.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, mengajak semua pihak untuk bekerjasama, bergotong-royong untuk menciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi. “Mari kita ciptakan sepakbola yang bersih dan berprestasi,” tandasnya.