JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin program Youth Mental Health Center (YMHC) bisa tersebar ke seluruh daerah di Tanah Air. Hal ini diharap agar bisa segera diimplementasikan sebagai langkah konkret dalam memperjuangkan kesehatan mental.

Demikian disampaikan Menpora seusai meluncurkan program mental health center di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/8). Untuk saat ini, Menpora mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dispora Bandung dan juga Dispora Jakarta.

“Mental health center ini kan untuk umum. Kita akan uji coba dan sudah berkolaborasi dengan Kota Bandung dan semoga juga tersedia di Jakarta. Nanti akan diaplikasikan ke daerah,” kata Menpora pula.

Menpora menerangkan, peluncuran mental health center ini sekaligus menegaskan bahwa pihaknya selain konsentrasi pada kebugaran fisik, juga peduli terhadap kesehatan mental. Dengan kesehatan mental yang terjaga, maka akan melahirkan sesuatu yang produktif.

“Kita ingin generasi muda itu secara fisik bugar, dan jiwa raganya juga sehat. Saya rasa nanti Bandung adalah cabang pertama mental health center. Semoga ini bisa teraplikasi dengan baik dan tersebar ke seluruh daerah,” jelas Menpora .

Hal senada juga disampaikan Plt Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Yohan. Dengan kerja sama lintas sektor dan partisipasi aktif pemuda, diharap masalah kesehatan mental dapat diatasi dengan lebih efektif.

“Kami memandang perlu untuk dilakukan sosialisasi dan koordinasi serta melakukan uji coba yang salah satunya akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat. Semoga ini bisa diimplementasikan di seluruh Indonesia,” pungkasnya.