JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, mengingkan kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Masa Bakti 2023-2027 dibawah pimpinan Letjen TNI (Purn) Marciano Norman lebih inovatif dan kreatif guna menghadapi tantangan olahraga di tanah air kedepannya.

Hal tersebut disampaikan Menpora, seusai menghadiri acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Masa Bakti 2023-2027 di Jakarta, Selasa (1/8).

Menurut Menpora kepengurusan KONI Pusat yang baru dibawah komando Letjen TNI (Purn) Marciano Norman diyakini mampu melakukan tugas dengan baik karena didukung dengan tenaga-tenaga yang andal dibidangnya masing-masing. “Harapan saya KONI Pusat masa bakti 2023-2027 ini kedepan semakin inovatif, terutama dalam hal mengadakan pekan olahraga nasional (PON),” kata Menpora.

Presiden Joko Widodo lanjut Menpora, menginginkan adanya kolaborasi antara pekan olahraga remaja dan mahasiswa dapat disatukan. “Bapak Presiden sangat ingin antara Pekan Olahraga Remaja dan Siswa ini digabung. Kita coba nanti duduk bareng dan berkoordinasi juga bersama Kemendikbud,” ujarnya.

“Jadi, tidak hanya PON yang empat tahunan, tapi bisa dibikin turunannya, satu tahun atau dua tahunan, pengembangan itu bisa seperti Pekan Olahraga Beladiri, Pekan Olahraga Pantai, Pekan Olahraga Remaja dan sebagainya,” ucapnya.

“Dan KONI yang baru ini bisa memberikan ide-ide inovatif dan kreatif terkait pekan olahraga. Ini untuk jenjang olahraga dan pergerakan olahraganya merata tidak hanya empat tahun sekali. Misalnya olahraga pantai dua tahun sekali atau olahraga remaja satu tahun sekali ini nantinya efek dominonya bisa tetasa,” tandas Menpora.

Sementara itu Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman menyatakan jajaran kepengusan KONI yang baru harus siap dalam mengemban keolahragaan di Indonesia, pengurus yang masih muda tentu akan lebih siap mencurahkan tenaga serta pemikiran mereka untuk kemajuan prestasi olahraga Indonesia.

“Komitmen KONI Pusat kepengurusan 2023-2027 adalah meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi, sehingga atlet-atlet kita yang mengikuti kompetisi di nasional dan internasional capaiannya bisa meningkat,” tegas Marciano.
Karenanya Marciano mengajak jajaran pengurus untuk bekerja keras bersama mengantar atlet-atlet Indonesia meraih juara. “Saya mengajak kita semua bersatu untuk berprestasi karena dengan cara itu Indonesia mendapatkan hasil baik,” pungkasnya.

Adapun kepengurusam KONI Pusat 2023-2027, diantaranya adalah, Ketua Umum Marciano Norman, Waketum I: Suwarno. Sementara Sekretaris Jenderal dijabat Lukman Djajadikusuma, dengan Wasekjen I: Ahmad Saefudin dan Wasekjen II: Yunus Nusi. Sedang Bendahara Umum dijabat Kemas Ilham Akhbar.